fbpx

12 Daftar Payment Gateway Indonesia Terpopuler

|

85 Dilihat

Jika Anda memiliki toko online, salah satu hal yang paling penting adalah memberikan berbagai opsi metode pembayaran. Namun, memberikan semua opsi pembayaran tidak mudah. 

Sebagai contoh, jika Anda menawarkan pembayaran melalui bank, Anda harus memiliki beberapa rekening yang berbeda untuk menerima pembayaran dan harus melakukan pengecekan satu per satu pada setiap rekening jika pelanggan telah melakukan pembayaran.

Menggunakan payment gateway adalah solusi yang tepat untuk memudahkan proses pembayaran. Ini karena payment gateway memberikan fitur-fitur canggih seperti notifikasi otomatis, menampilkan data transaksi yang lengkap, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan fungsi payment gateway dan daftar layanan payment gateway Indonesia yang bisa Anda gunakan. Yuk, lanjutkan membaca hingga selesai.

Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah sebuah layanan yang menyediakan fasilitas pembayaran online untuk pelanggan dan pemilik toko. Payment gateway adalah sebuah sistem yang memungkinkan penjual untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, debit, atau e-wallet.

Dengan menggunakan payment gateway Anda akan mudah mengolah semua transaksi pembelian dari semua channel pembayaran.

Cara Kerja Payment Gateway

Sebagai jembatan antara penjual dan pelanggan, Anda dapat melihat cara kerja payment gateway seperti berikut:

  • Pelanggan melakukan pembelian di Website atau melalui link
  • Payment gateway memberikan pilihan opsi pembayaran
  • Pelanggan melakukan pembayaran menggunakan metode yang dipilih.
  • Payment gateway memberi informasi cara pembayaran yang harus dilakukan, jika pelanggan memiliki menggunakan transfer bank maka pelanggan akan mendapatkan nomor virtual account.
  • Pelanggan melakukan pembayaran ke tujuan sesuai petunjuk dari payment gateway.
  • Sistem payment gateway akan memberi informasi pada pemilik website pembayaran telah dilakukan.

Kelebihan Menggunakan Payment Gateway

Berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan payment gateway untuk bisnis Anda:

  • Kemudahan: Payment gateway memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah tanpa perlu mengirim bukti pembayaran.
  • Chanel pembayaran lengkap: Anda dapat menggunakan berbagai channel pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, pay later, dompet digital hingga minimarket.
  • Monitoring transaksi mudah: Kelola semua pembayaran dari satu dashboard, semua transaksi yang masuk dapat Anda pantau dari halaman yang sama.
  • Transaksi lebih aman: Payment gateway menggunakan server yang aman dan enkripsi untuk melindungi informasi pelanggan yang sensitif.
  • Integrasi WordPress: Beberapa payment gateway menyediakan plugin wordpress yang memudahkan Anda untuk menghubungkan website dengan metode pembayaran tanpa harus mengerti hal teknis.
  • Link Pembayaran: Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa menggunakan link pembayaran yang bisa digunakan pelanggan dari media apapun.

Kekurangan Menggunakan Payment Gateway

Selain kelebihan yang Anda lihat sebelumnya, menggunakan payment gateway juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

  • Ada biaya tambahan yang dibebankan untuk setiap transaksi.
  • Dana tidak bisa langsung dicairkan saat proses pembayaran selesai.
  • Untuk menggunakan semua layanan, beberapa payment gateway mensyaratkan adanya dokumen legal perusahaan.

Daftar Payment Gateway Indonesia

Berikut ini beberapa daftar penyedia layanan payment gateway Indonesia yang bisa Anda gunakan.

1. Midtrans

Payment Gateway indonesia Midtrans

Midtrans merupakan layanan payment gateway yang fokus pada e-commerce Indonesia, termasuk UMKM, startup, dan perusahaan besar. Dengan menggunakan Midtrans, Anda dapat menerima pembayaran online dengan mudah melalui integrasi di satu dashboard yang dilengkapi dengan sistem keamanan seperti anti-fraud.

Midtrans memberikan biaya Rp 4.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Midtrans.

2. Duitku

Payment Gateway indonesia duitku

Duitku merupakan payment gateway yang menerima banyak metode seperti pembayaran kartu, transfer bank, e-wallet, dan mengirim pembayaran massal melalui 1 integrasi API. Dengan Duitku, Anda dapat memantau semua transaksi dalam satu tempat.

Duitku memberikan biaya Rp 4.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Duitku.

3. iPaymu

Payment Gateway indonesia Ipaymu

IPaymu adalah layanan pembayaran yang memberikan solusi yang mudah digunakan dan cocok digunakan untuk pemilik toko online, reseller, dan dropshipper.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh iPaymu antara lain:

  • Tersedia ESCROW atau rekening bersama, dana baru bisa dicairkan jika pelanggan melakukan konfirmasi pesanan telah diterima. Pesanan otomatis dicairkan jika melebihi waktu tertentu.
  • Pilihan bank BCA tersedia untuk semua jenis akun termasuk akun personal.
  • Penarikan dana bisa dilakukan kapan saja.
  • Menyediakan fitur Cash on Delivery (COD).
  • Tersedia metode checkout tanpa harus memiliki website.

iPaymu memberikan biaya Rp 3.500 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan iPaymu.

4. Doku

Payment Gateway indonesia Doku

Doku merupakan payment gateway yang paling lama berdiri di Indonesia mulai dari tahun 2007. Selain menyediakan pilihan channel pembayaran yang lengkap Doku juga memiliki fitur split settlement yang bisa digunakan untuk mengirimkan pembayaran ke beberapa vendor sekaligus.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Doku antara lain:

  • Menyediakan fitur invoice
  • Menyediakan fitur produk katalog yang dapat Anda gunakan menampilkan produk.
  • Menyediakan link pembayaran, memudahkan Anda menerima pembayaran dari mana saja.

Doku memberikan biaya Rp 4.500 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan virtual account. Lihat detail biaya menggunakan Doku.

5. Xendit

Payment Gateway indonesiay Xendit

Xendit merupakan payment gateway yang menerima pembayaran dari berbagai channel, termasuk transfer bank, kartu kredit dan debit, minimarket, cicilan, dan e-wallet, tanpa harus memiliki website sendiri. Selain itu, Anda juga dapat membuat dan mengirimkan invoice kepada pelanggan dengan mudah.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Xendit antara lain:

  • Menyediakan halaman checkout yang bisa digunakan tanpa harus memiliki website.
  • Menyediakan fitur invoice untuk mempermudah mengirimkan tagihan.
  • Menyediakan fitur refund, dengan xendit pelanggan Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian dana.

Xendit memberikan biaya Rp 4.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan virtual account. Lihat detail biaya menggunakan Xendit.

6. Finpay

payment gateway Finpay

Finpay merupakan payment gateway yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia. Saat ini Finpay, telah terhubung dengan 122 Biller, 90 Bank, 100 ribu outlet, dan 800 online merchant. Selain itu, Finpay juga telah bekerja sama dengan perusahaan remittance di 7 negara untuk menyediakan layanan pengiriman uang bagi pekerja Indonesia di luar negeri. 

Finpay memberikan biaya Rp 4.500 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan virtual account.

7. Ratapay

payment gateway Ratapay

Ratapay merupakan payment gateway dengan biaya termurah pada daftar kali ini. Anda hanya dikenakan biaya Rp 1.000 untuk setiap transaksinya.

  • Notifikasi transaksi melalui Telegram Chat
  • Tersedia link pembayaran sehingga Anda dapat berjualan dari mana saja.
  • Mendukung rekening bersama
  • Tarif per transaksi hanya Rp 1.000 untuk semua channel pembayaran.
  • Tersedia fitur refund untuk pelanggan
  • Mengizinkan pembeli untuk menulis nominal pembayaran sendir, fitur ini cocok kebutuhan donasi.

Ratapay memberikan biaya Rp 1.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan virtual account. Lihat detail biaya menggunakan Ratapay.

8. Durianpay

payment gateway  Durianpay

Durianpay merupakan payment gateway yang menawarkan kemudahan dengan menyediakan semua metode pembayaran melalui satu integrasi yang mudah. Pengguna dapat menerima pembayaran melalui berbagai e-wallet, Virtual Account, Bank, Buy Now Pay Later, dan kartu kredit/debit terkemuka. 

Selain itu, Durianpay juga menyediakan fitur transfer dana instan ke lebih dari 80 bank dan e-wallet.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Durianpay antara lain:

  • Fitur pembayaran berlangganan
  • Transfer dana ke pelanggan dan vendor
  • Menyediakan fitur Split Payment

Durianpay memberikan biaya Rp 4.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Durianpay.

9. NicePay

payment gateway NicePay

Nicepay merupakan layanan pembayaran online yang menyediakan solusi pembayaran All In One mulai dari kartu kredit, transfer bank online, debit langsung, toko kelontong, e-wallet, dan cicilan non-bank.

Nicepay memberikan biaya Rp 4.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Nicepay.

10. Espay

payment gateway Espay

Espay menyediakan beragam metode pembayaran yang lengkap untuk melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia. Espay salah satu keunggulan Espay adalah memberikan fitur B2C2B dimana Anda dapat menerima pembayaran dari pelanggan sekaligus melakukan pembayaran otomatis kepada supplier bisnis.

Nicepay memberikan biaya Rp 2.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Nicepay.

11. Winpay

payment gateway Winpay

Winpay merupakan payment gateway dengan biaya penanganan yang cukup murah serta integrasi channel pembayaran yang lengkap. Saat ini layanan Winpay sudah terintegrasi dengan sekitar 147 bank di Indonesia.

Winpay memberikan biaya mulai dari Rp 2.000 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Winpay.

12. Tripay

payment gateway Tripay

Tripay merupakan payment gateway dengan syarat pendaftaran yang mudah dan menyediakan channel pembayaran yang lengkap tanpa harus menggunakan dokumen legal perusahaan. Hanya dengan menggunakan KTP Anda sudah akan mendapatkan semua channel pembayaran yang tersedia.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Tripay antara lain:

  • Dapat membuat beberapa channel pembayaran dalam satu akun
  • Syarat pendaftaran tidak memerlukan NPWP
  • Proses integrasi dengan WooCommerce mudah

Tripay memberikan biaya Rp 4.250 per transaksi untuk pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Lihat detail biaya menggunakan Tripay.

Tips Memilih Payment Gateway

Sebelum memilih payment gateway Indonesia yang akan digunakan, lihat tips berikut agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Channel pembayaran

Pelanggan Anda menggunakan bank dan metode pembayaran yang berbeda-beda. Karena itu, Anda wajib menyediakan pilihan channel pembayaran yang lengkap, sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran sesuai dengan apa yang dimilikinya. 

Jika tidak, Anda bisa kehilangan pelanggan karena tambahan biaya yang harus dibayarkan ketika melakukan transaksi antar bank.

2. Biaya transaksi

Layanan payment gateway memberikan biaya untuk setiap transaksi yang terjadi. Biaya ini berbeda-beda untuk setiap payment gateway, biaya yang paling kecil sekitar Rp. 2.000,- per transaksi. 

Oleh karena itu, sebelum menggunakan payment gateway untuk bisnis Anda, pastikan untuk memperhitungkan biaya ini agar tidak membebani penjualan Anda. Jika produk yang Anda jual memiliki margin keuntungan yang kecil, sebaiknya gunakan payment gateway yang biaya transaksinya lebih rendah atau carilah solusi lain metode pembayaran lain.

3. Keamanan

Keamanan merupakan hal yang paling penting dalam sebuah payment gateway. Data pelanggan dan uang pembayaran akan disimpan di penyedia payment gateway sebelum diteruskan ke Anda. Untuk memastikan keamanan data dan uang Anda, pastikan untuk menggunakan payment gateway yang memiliki izin resmi dari Bank Indonesia dan memiliki badan usaha yang jelas.

4. Penarikan Dana

Dana yang masuk melalui penyedia payment gateway akan tertahan beberapa hari, sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing penyedia layanan. Karena tidak dapat langsung dicairkan, perhitungkan juga Cash Flow usaha Anda.

5. Customer Support

Pastikan payment gateway menyediakan layanan pelanggan yang siap untuk memberikan dukungan dan jawaban dari pertanyaan yang Anda ajukan dalam hal registrasi, integrasi, atau operasional lainnya.

Pastikan juga tim dukungan terus memberikan update terbaru tentang layanan atau informasi payment gateway seperti maintenance atau perbaikan layanan.

6. Integrasi

Pilih payment gateway yang mudah diintegrasikan dengan website yang Anda miliki dan tersedia panduan lengkap untuk menggunakannya.

Untuk website WordPress, pastikan payment gateway menyediakan plugin untuk integrasi. Plugin wordpress akan memudahkan proses integrasi payment gateway tanpa harus mengerti coding.

Jika Anda belum memiliki website, maka Anda perlu mencari payment gateway yang menyediakan fitur link, katalog atau checkout. Fitur ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara online dari media sosial, WhatsApp atau media lainnya.

Kesimpulan

Menggunakan payment gateway untuk bisnis dapat menjadi cara yang efisien dan aman untuk menerima pembayaran online dan memproses transaksi. Meski demikian, sebelum memilih payment gateway, pastikan Anda telah melakukan penelitian tentang keuntungan, kerugian, dan biaya yang terkait agar mendapatkan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Demikian artikel tentang daftar payment gateway Indonesia, jika Anda memiliki daftar lain atau pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya