fbpx

15 Plugin WooCommerce Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

|

29 Dilihat

Apakah Anda sedang membangun toko online dengan WooCommerce? Pada dasarnya WooCommerce sendiri sudah sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan toko Anda, tapi untuk memaksimalkan toko Anda agar dapat melayani pelanggan dan memaksimalkan bisnis online, Anda sebaiknya menambahkan beberapa fitur tambahan.

Pada artikel ini, Saya telah memilih beberapa plugin WooCommerce terbaik untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Plugin WooCommerce Rekomendasi

Daftar plugin WooCommerce yang wajib Anda miliki sebagai berikut.

1. Ongkoskirim.id

plugin WooCommerce ongkos kirim
Plugin ongkos kirim WooCommerce

Plugin pertama dan paling penting adalah plugin OngkosKirim.id. plugin OngkosKirim.id merupakan plugin untuk WooCommerce yang berfungsi untuk melakukan menghitung ongkos kirim dari berbagai ekspedisi di Indonesia, mulai dari JNE, Tiki, Pos, J&T, Sicepat dan Wahana.

Plugin ini bisa didownload gratis dari halaman admin, dengan plugin ini Anda dapat menambahkan pilihan expedisi dan perhitungan tarif expedisi pada halaman checkout.

Fungsi unggulan:

  • Menambahkan kolom kota dan kecamatan
  • Menambahkan pilihan kurir dan ongkos kirim
  • Menambahkan kode unik pada total pembayaran

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org. Versi Premium mulai dari Rp.199rb (Diskon 20% dengan kode promosi 20TODAY)

Alternatif plugin lain:

Baca juga: Rekomendasi plugin ongkos kirim untuk WooCommerce

2. WooCommerce PDF Invoices, Packing Slips, Delivery Notes and Shipping Labels

Plugin WooCommerce Packing Slip
Plugin WooCommerce Packing Slip

WooCommerce PDF Invoices, Packing Slips, Delivery Notes and Shipping Labels merupakan plugin WooCommerce yang berfungsi untuk mengirim detail pesanan dalam format pdf ke email pelanggan dan mencetak slip yang bisa Anda tempelkan pada pesanan yang akan dikirim.

Fitur unggulan:

  • Lampirkan faktur PDF secara otomatis ke email WooCommerce
  • Download PDF dari halaman admin
  • Generate massal faktur PDF

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org. Versi Premium mulai dari $69

Alternatif plugin lain: WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips

Baca juga: Tutorial menambahkan fitur packing slip di WooCommerce

3. Variation Swatches for WooCommerce

plugin WooCommerce variasi produk
Plugin Variation Swatches for WooCommerce

Variation Swatches for WooCommerce merupakan plugin gratis yang berfungsi mengubah bidang pilihan variasi produk menjadi label, warna, dan gambar.

Secara default, WooCommerce menampilkan setiap variasi dalam kolom dropdown dengan label teks. Plugin ini memungkinkan mengganti teks dengan gambar, warna, ikon, dan lainnya.

Harga: Gratis download di WordPress.org. Versi Premium mulai dari $49.

Alternatif plugin lain:

4. Checkout Field Editor

Plugin WooCommerce checkout manager
Plugin checkout manager

Checkout Field Editor plugin yang berfungsi untuk mengedit halaman checkout default WooCommerce Anda, menambahkan kolom baru di tiga bagian (yaitu Penagihan, Pengiriman dan kolom Tambahan), mengedit, menyembunyikan, atau menghapus bidang default, mengubah label, mengatur ulang kolom checkout, memvalidasi kolom checkout, menambahkan kelas css khusus, dll.

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org. Versi Premium mulai dari $49

5. WP Mail SMTP

Plugin setting SMTP WordPress
WP Mail SMTP by WPForms

WP Mail SMTP by WPForms merupakan plugin yang membantu Anda untuk melakukan penyesuaian protokol SMTP pada website WordPress Anda.

Secara default, WordPress mengirimkan email menggunakan metode PHP Mail, penggunaan metode ini sering disalah gunakan untuk mengirimkan Spam, karena itu beberapa layanan hosting membatasi atau menonaktifkan penggunaan PHP Mail di server mereka.

Pembatasan penggunaan PHP Mail pada hosting membuat sistem WordPress tidak dapat mengirimkan email ketika ada pesanan baru, pendaftaran user dll. Solusinya Anda bisa mengganti metode pengiriman email default dengan metode SMTP.

Anda bisa mengikuti panduan Cara setting email SMTP di WordPress

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org. Versi Premium mulai dari $49

Alternatif Plugin Lain:

6. Sejoli Woo

plugin WooCommerce affiliate
Plugin affliate Sejoli

Sejoli Woo merupakan plugin yang berfungsi untuk menambahkan fitur affiliate dan membership untuk website WooCommerce Anda. Fitur affiliate sendiri merupakan sistem pemasaran yang secara sederhana Anda dapat merekrut para marketer untuk menyebarkan link produk yang Anda miliki. Ketika ada pelanggan yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka si marketer akan mendapat komisi.

Harga: Rp. 549rb

Alternatif Plugin Lain:

7. Mailpoet

plugin WooCommerce untuk email marketing
Plugin email marketing Mailpoet

Mailpoet merupakan plugin email marketing yang dapat Anda gunakan untuk membuat, mengedit, dan mengirim email langsung dari halaman admin. Mailpoet terintegrasi penuh dengan plugin WooCommerce, sehingga semua pelanggan Anda dapat secara otomatis terdaftar pada satu email list tersediri.

Mailpoet tersedia versi gratis dan versi berbayar, untuk versi gratisnya sendiri Anda dapat mengoleksi 1000 list email, jumlah tersebut sangat cukup untuk pemula yang baru saja memulai menggunakan teknik email marketing.

Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat menawarkan produk terbaru, produk terkait, dan promosi pada calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah melakukan pembelian.

Harga: Gratis hingga 1,000 subscribers download di WordPress.org. Versi Premium mulai dari €8/bulan.

Alternatif Plugin Lain:

8. WooWA

WooCommerce Whatsapp api
WhatApp API WooWaa

Woowa merupakan layanan WhatsApp API terintegrasi dengan WooCommerce yang berfungsi untuk mengirimkan pesan WhatsApp otomatis pada setiap aksi yang terjadi. Dengan menggunakan plugin ini, website Anda akan mengirimkan detail pesanan baru, pesanan diproses, dibatalkan, follow pelanggan secara otomatis ke WhatsApp pelanggan.

Harga: Rp. 197rb/bulan

Alternatif Plugin Lain:

9. Tripay

WooCommerce payment gateway tripay
Payment gateway Tripay

Tripay merupakan layanan payment gateway yang menjadi jembatan pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi dengan menghadirkan banyak pilihan metode pembayaran seperti transfer bank, virtual account, mini market, kartu kredit, dan dompet digital.

Proses pendaftaran dan integrasi yang mudah dengan WooCommerce membuat Tripay layak di tambahkan untuk melengkapi toko online WordPress Anda

Harga: Biaya dibebankan setiap transaksi terjadi, lihat biaya pertransaksi menggunakan Tripay

Alternatif Payment Gateway Lain:

10. Contact Form 7

konfimasi pembayaran dengan contact form 7
Plugin Contact Form 7

Contact Form 7 adalah salah satu plugin untuk membuat formulir online yang banyak digunakan. Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat membuat formulir untuk konfirmasi pembayaran atau fomulir kontak yang dapat mempermudah pengunjung untuk menghubungi Anda.

Contoh penggunan bisa Anda lihat tutorial membuat halaman konfirmasi dengan Contact Form 7.

Fungsi plugin:

  • Membuat formulir konfirmasi pembayaran
  • Membuat formulir kontak
  • Hasil inputan dari formulir akan dikirim ke alamat email admin
  • Kolom formulir dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org.

Alternatif Plugin Lain:

11. Yoast SEO

Plugin Seo WooCommerce
Plugin Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO terbaik dan terpopuler untuk WordPress. Plugin ini membantu memaksimalkan semua aspek SEO agar produk Anda dapat tampil maksimal di halaman pencarian Google.

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org. Versi Premium $99

Alternatif Plugin Lain:

12. Loco Translate

Merubah bahasa WooCommerce ke Indonesia
plugin Loco Translate

Loco Translate plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengganti text berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia secara manual agar bahasa yang digunakan tidak terlalu baku dan mudah dimengerti oleh pelanggan.

Fitur:

  • Mengganti text secara manual sesuai dengan versi bahasa yang digunakan

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org

Jika website Anda masih berbahasa Inggris silakan lihat tutorial Cara Merubah WooCommerce Ke Bahasa Indonesia

13. Tawkto

Plugin live chat untuk toko online
Live Chat Tawkto

Tawk.to merupakan plugin live chat gratis yang bisa Anda gunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Market Indonesia memang unik, walaupun sudah tersedia sistem keranjang belanja dan checkout, para calon pelanggan cenderung bertanya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Karena hal tersebut pentingnya live chat untuk memudahkan admin toko berkomunikasi dengan pelanggan.

Harga: Gratis tersedia di WordPress.org

14. WooCommerce Price By User

Plugin WooCommerce Price By User adalah plugin yang berguna untuk menampilkan harga khusus untuk pengguna terdaftar. Pengguna yang login sebagai reseller atau agen akan secara otomatis mendapatkan harga yang berbeda dari harga umum.

Harga spesial ini bisa Anda tampilkan ke semua pengguna atau hanya pengguna dengan status tertentu saja.

Plugin ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan keuntungan kepada reseller atau agen dengan memberikan harga khusus, sehingga produk Anda akan lebih diminati.

15. WooCommerce Marketplace Product

Plugin WooCommerce Marketplace Produk adalah plugin yang berguna untuk menampilkan tombol “Beli di Marketplace Indonesia” di halaman produk. Link tersebut akan mengarahkan pelanggan ke halaman produk yang tersedia di marketplace yang terkait.

Plugin ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki produk di beberapa marketplace, sehingga pelanggan dapat memilih untuk melakukan pembelian melalui marketplace favorit mereka.

Bonus

  • All In One WP Security & Firewall plugin untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda.
  • Updraftplus plugin membantu Anda untuk melakukan backup website rutin secara otomatis, dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat menyimpan file backup di server yang berbeda seperti Google Drive atau Dropbox.
  • Facebook for WordPress plugin resmi dari Facebook untuk mengintegrasikan WooCommerce dan mencatat semua event seperti add to cart, checkout, dll secara otomatis dengan Facebook Business Manager. Plugin ini mendukung Facebook Pixel dan Facebook Conversion API.
  • Elementor plugin untuk membuat halaman home dan landingpage
  • Webforia WA Chat plugin WhatsApp chat, menampilkan tombol beli via WhatsApp, mengirim detail pesanan ke WhatsApp pelanggan.

Kesimpulan

Saya harap beberapa plugin dan layanan yang telah disebutkan di atas bermanfaat untuk memaksimalkan toko online WooCommerce Anda. Jika Anda memiliki tambahan plugin yang lain, Anda bisa menuliskannya dikolom komentar.

Jika Anda sedang mencari tema toko online WordPress dengan tampilan menarik dan tentunya cocok utuk kebutuhan market Indonesia, Saya rekomendasikan Anda membaca artikel Rekomendasi Tema Toko Online untuk Market Indonesia



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya