Pemula

Pengenalan Landing Page: Pengertian dan Fungsinya dalam Digital Marketing

Apa yang dimaksud dengan landing page? Apakah ada perbedaan antara landing page dan website atau homepage? Bagaimana cara membuat Landing Page? Temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di artikel ini! Kami akan menjelaskan pengertian, perbedaan, contoh, serta tools pembuat Landing Page yang tersedia.

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website yang dibuat khusus untuk tujuan marketing atau periklanan. Biasanya, landing page memiliki elemen seperti judul utama, gambar, presentasi fitur, video, dan tombol call-to-action yang mendukung penjualan produk atau jasa. 

Landing page dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi bisnis, pengumpulan leads, dan mengarahkan pelanggan potensial untuk melakukan pembelian.

Landing page biasanya digunakan untuk halaman tujuan saat Anda menggunakan iklan seperti Google Ads atau Facebook Ads. Link landing page bisa juga Anda sisipkan pada gambar produk di Instagram maupun Youtube.

Apa Perbedaan Landing Page dan Website?

Landing page sendiri merupakan bagian dari website, perbedaan utama website dan landing page adalah website bertujuan memberikan gambaran umum tentang bisnis atau penawaran yang diberikannya. Sebuah website biasanya terdiri dari beberapa halaman seperti home, kontak, tentang kami, blog, halaman produk dll.

Sedangkan…

Landing page fokus pada mengkonversi pengunjung menjadi calon pelanggan atau mengiring pelanggan untuk tindakan khusus.

Jika Anda memiliki sistem toko online lengkap, halaman detail produk juga bisa Anda gunakan sebagai halaman landing page.

Apa Perbedaan Landing Page dan Home Page?

Home page merupakan halaman yang pertama kali dilihat saat sebuah website dibuka. Home page menggambarkan secara umum isi dari sebuah website dan memiliki banyak informasi.

Homepage bisa Anda gunakan menampilkan semua produk yang Anda miliki, banner promo, dan deskripsi usaha.

Sedangkan..

Landing page dibuat untuk menyampaikan satu pesan khusus, contohnya landing page untuk memperkenalkan suatu produk. Dalam landing page ini akan memberikan informasi berupa nama produk, spesifikasi produk, gambar produk dan tentunya sebuah tombol yang dapat digunakan pengunjung untuk melakukan pembelian.

Jika Anda hanya memiliki satu produk atau layanan saja, halaman home page juga bisa digunakan untuk halaman landing page.

Kapan Menggunakan Landing Page?

Anda perlu menggunakan landing page jika:

  • Menjalankan sebuah kampanye iklan
  • Mempromosikan sebuah produk atau layanan
  • Mengarahkan pengunjung dari postingan sosial media untuk melihat detail informasi produk.

Contoh Landing Page

1. Landing Page Shopify

Halaman landing page shopify sangat bersih tanpa gangguan menu, header dan footer. Saat membuka halaman Anda akan melihat form email menawarkan masa uji coba gratis.

contoh landing page shopify
Landing page Shopify

2. Landing Page Niagahoster

Halaman landing page Niagahoster menampilkan salah satu layanan yang merekan miliki. Halaman ini memberikan informasi paket harga dan fitur-fitur penjelasan tentang layanan hosting WordPress yang mereka miliki.

Landing page Niagahoster untuk produk hosting WordPress
Landing page Niagahoster untuk produk hosting WordPress

3. Landing Page Tripay

Halaman landing page Tripay menampilkan penjelasan tentang produk dan harga yang ditawarkan. Terdapat tombol untuk melakukan pendaftaran agar pengujung bisa mencoba layanan.

Landing page payment gateway Tripay
Landing page payment gateway Tripay

Cara Membuat Landing Page

Berikut ini daftar tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page tanpa harus koding atau mengerti hal teknis.

1. Wix

Wix merupakan layanan yang memungkinkan Anda website dan landing page. Dengan menggunakan Wix Anda dapat membuat landing page dengan mudah tanpa harus membeli hosting terpisah. Tersedia banyak pilihan template landing page siap pakai yang bisa Anda gunakan dan edit sesuai dengan kebutuhan.

Harga mulai $4 atau sekitar Rp 60rb per bulan, sudah termasuk hosting.

2. Berdu

Berdu merupakan penyedia pembuatan website lokal, Berdu telah terintegrasi dengan berbagai layanan pengiriman Indonesia seperti JNE, TIKI, SICepat dan sistem pembayaran Indonesia. Dengan menggunakan Berdu, Anda dapat membuat sebuah landing page yang memiliki form pemesanan lengkap, sehingga pelanggan dapat langsung melakukan pembelian langsung dari halaman landing page.

Harga mulai Rp 75rb  per bulan, sudah termasuk hosting.

3. Canva

Canva merupakan website yang biasa digunakan untuk membuat template atau desain visual untuk keperluan digital maupun cetak. Selain keperluan desain, canva juga menyediakan fitur untuk membuat landing page gratis yang bisa Anda gunakan. 

Memiliki ratusan desain template baik yang gratis maupun yang berbayar menjadikan pembuatan landing page Anda semakin mudah.

Anda bisa mulai menggunakan Canva dengan gratis atau upgrade ke fitur berbayar dengan harga mulai Rp 769rb  per tahun untuk fitur dan pilihan template yang lebih lengkap.

4. OrderOnline

OrderOnline merupakan alat pembuat landing page yang memiliki fitur lengkap yang ditujukan untuk para pedagang. Dengan menggunakan OrderOnline Anda dapat membuat sebuah landing page dengan form pemesanan lengkap dengan integrasi Facebook pixel, metode pembayaran dan pengiriman Indonesia.

Harga mulai Rp 104rb  per bulan, sudah termasuk hosting.

5. WordPress

Download wordpress
Download WordPress

WordPress merupakan tools pembuat website paling populer saat ini. Selain dapat digunakan secara gratis, WordPress juga dapat digunakan untuk banyak jenis website termasuk membuat landing page.

Untuk membuat landing page di WordPress Anda perlu menginstall plugin elementor, elementor sendiri merupakan plugin untuk membuat halaman atau landing page yang mudah digunakan di WordPress.

WordPress dan elementor bisa Anda gunakan secara gratis, Anda hanya perlu untuk membeli domain dan hosting saja agar website Anda dapat diakses pengguna.

Untuk harga domain dan hosting bisa Anda dapatkan mulai harga Rp 300 per tahun.

Anda dapat menggunakan tema Landingress atau kumpulan template seperti LandingKit untuk lebih memudahkan dan menghemat waktu saat membuat landing page dengan WordPress.

Pertanyaan Yang Berkaitan Dengan Landing Page

Tentu, Anda dapat membuat banyak landing page dalam satu website terganti berapa banyak produk yang Anda miliki atau yang kampanye yang sedang berjalan.

Plugin ini membantu Anda membuat halaman lebih mudah dengan cara Drag N Drop

Selain itu, Anda juga dapat membeli tema khusus landing page seperti Landingpress atau kumpulan template siap pakai seperti LandingKit.

  • Landing page sederhana: Untuk membuat landing page sederhana silakan gunakan Canva atau Wix.
  • Landing terintegrasi dengan pembayaran dan pengiriman: Untuk membuat landing page dengan fitur kolom pembelian dan integrasi metode pembayaran dan pengiriman silahkan gunakan Berdu atau OrderOnline.
  • Landing page yang komplek: Untuk landing page dengan desain yang di kostum sesuai kebutuhan silakan gunakan WordPress + Elementor.
  • Landing page + Website: Untuk landing page dan website lengkap sekaligus silakan gunakan WordPress.

Elemen yang ditampilkan di landing page harus memberikan informasi yang jelas dan menyertakan tombol aksi. Di halaman landing page, Anda harus menyertakan elemen gambar utama, gambar pelengkap, harga, dan tombol aksi seperti form pembelian, link pembelian atau kolom untuk memasukan email jika Anda ingin mendapatkan lead.

Jika Anda menggunakan sistem toko online seperti WooCommerce, halaman detail produk akan dibuat otomatis saat Anda membuat produk. Jika tidak, maka Anda wajib membuat halaman landing page untuk masing-masing produk secara manual untuk memberikan informasi yang lebih detail.

Kesimpulan

Landing page merupakan bagian dari sebuah website yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada pengunjung. Dengan menggunakan landing page, Anda dapat menggiring pengunjung untuk melakukan sebuah aksi, seperti mendapatkan lead email atau aksi pembelian.

Landing page saat cocok digunakan untuk kampanye iklan seperti Google dan Facebook, agar pengunjung yang mengklik iklan bisa fokus pada produk yang sedang ditawarkan dan tidak melihat produk lain di website yang sama.

Nah, demikian artikel dengan pengenalan landing page, fungsi, beserta contoh-contohnya. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Cloud Hosting Indonesia
Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Pemula

Pengenalan SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Penerapan di Website…

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, secara sederhana SEO dapat diartikan sebagai cara optimasi...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.