fbpx

8 Platform Untuk Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

|

196 Dilihat

Saat ini, memiliki website sudah menjadi hal yang penting bagi berbagai kalangan, terutama pelaku bisnis online. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat website. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa platform yang dapat Anda gunakan untuk website sendiri tanpa perlu pengetahuan khusus tentang programming atau coding.

Platform website sendiri adalah alat yang membantu untuk membuat website sendiri dengan mudah dan cepat. Dengan fitur dran-n-drop, Anda hanya perlu mengikuti panduan yang disediakan oleh platform tersebut dan website Anda sudah siap digunakan.

Pada artikel berikut, saya akan menunjukan beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat website sendiri. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Keuntungan Menggunakan Platform Untuk Membuat Website Sendiri

Mudah digunakan

Salah satu kelebihan utama membuat website sendiri dengan menggunakan platform adalah sangat mudah digunakan sehingga Anda tidak pelu memiliki pengatahuan khusus tentang pemograman atau koding.

Beberapa platform menyediakan editor drag-and-drop yang dapat Anda gunakan. Ini bekerja hanya dengan memilih elemen yang ingin Anda tampilkan dan menyeretnya ke lokasi yang diinginkan.

Lebih murah

Membuat website dengan platform untuk membuat website sendiri juga lebih murah dibandingkan dengan menyewa jasa seorang web developer. Anda hanya perlu membayar biaya langganan untuk membuat website menggunakan platform tersebut.

Daftar Platform Pembuat Website

Berikut beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat website sendiri:

1. Wix

Membuat Website Sendiri dengan WIX

Wix adalah platform pembuatan website yang bisa Anda gunakan untuk membuat website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang programming dan desain. Wix menyediakan banyak template yang bisa Anda gunakan untuk membuat website sesuai dengan bisnis yang Anda miliki.

Selain itu, Wix menawarkan fitur seperti dukungan e-niaga, SEO, dan laporan analitik untuk membantu Anda mengoptimalkan website bisnis Anda.

2. Squarespace

Membuat Website Sendiri dengan quaredspace

Squarespace adalah alat pembuat website yang cocok untuk Anda yang ingin membuat website yang profesional dan menarik. Layanan ini memiliki tampilan pengguna yang simple dan mudah digunakan. Dengan menggunakan Squarespace, Anda dapat membuat berbagai jenis website seperti toko online, blog, dan jenis website lainnya.

3. WordPress

Membuat Website Sendiri dengan wordpress

WordPress adalah salah satu alat pembuat website yang paling banyak digunakan saat ini. WordPress sendiri merupakan platform open-source, yang memungkinkan Anda untuk membuat website yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. WordPress menyediakan berbagai tema dan plugin, seperti WooCommerce, yang memungkinkan Anda membuat toko online dengan fitur yang lengkap.

4. Shopify

Membuat Website Sendiri shopify

Shopify adalah alat pembuat website khusus untuk toko online. layanan ini, memiliki tampilan pengguna yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan toko online Anda. Shopify juga menawarkan berbagai fitur, seperti integrasi pembayaran dan pengiriman, serta laporan penjualan toko online yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis penjualan.

5. Berdu

Membuat Website Sendiri berdu

Berdu adalah layanan pembuat website buatan Indonesia yang memungkinkan Anda membuat website bisnis dalam dengan mudah. Dengan berdu, Anda dapat membuat berbagai macam website bisnis mulai dari landing page hingga toko online dengan fitur pesanan, stok, COD, dan intergrasi dengan produk yang telah Anda upload di marketplace.

6. Ecwid

Membuat Website Sendiri ecwid

Ecwid adalah sebuah platform e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online secara mudah dan cepat. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang lengkap mengelola toko online, seperti integrasi dengan media sosial, bisa berjualan di berbagai platform online, dan dukungan untuk banyak metode pembayaran.

Salah satu keunggulan dari Ecwid adalah kemampuan untuk diintegrasikan dengan berbagai website dan platform seperti WordPress, Wix, Facebook, dan Instagram. Selain itu, Ecwid juga menyediakan dukungan multibahasa untuk membantu pengguna dalam mengelola toko online mereka di berbagai negara.

7. Jejualan

Membuat Website Sendiri dengan jejualan

Jejualan merupakan layanan pembuatan website khusus untuk kebutuhan toko online. Jejualan menyedikan banyak pilihan template toko online yang siap Anda gunakan dengan desain profesional. Selain itu, Jejualan mendukung fitur-fitur untuk berjualan di Indonesia seperti fitur perhitungan ongkos kirim menggunakan kurir.

8. Ghost CMS

Ghost CMS adalah platform blogging open-source yang dirancang untuk kebutuhan penulis dan pembuatan konten. Ghost CMS memungkinkan Anda untuk membuat website atau blog dengan tampilan profesional dan elegan, tanpa perlu memiliki keterampilan teknis yang kompleks.

Selain itu, Ghost CMS juga menawarkan fitur-fitur seperti integrasi dengan berbagai platform sosial media, mengelola berbagai jenis konten, dan fitur analitik yang membantu Anda untuk melacak kinerja website.

Pertimbangan Memilih Layanan Website.

Tujuan pembuatan website

Sebelum Anda membuat website, terlebih dahulu tentukan tujuan website Anda. Apakah untuk blog pribadi, toko online, portfolio atau bisnis? Kemudian layanan yang menyediakan fitur dan template yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Tingkat kemudahan penggunaan

Pastikan pembuat website ramah pengguna, bahkan untuk pemula. Pilih penyedia website yang menawarkan fitur drag-n-drop sehingga Anda dapat mengatur layout, element, mengubah background, menambahkan teks, dan menampilkan fitur lainnya dengan cepat dan mudah.

Fitur yang disediakan

Saat memilih alat untuk bisnis Anda, pastikan alat tersebut menawarkan fitur yang Anda butuhkan. Opsi yang harus dipertimbangkan termasuk template yang dapat disesuaikan, fitur SEO, intergrasi dengan platform media sosial, dukungan e-commerce, dan laporan kunjungan.

Biaya

Penting untuk mempertimbangkan dana yang Anda miliki sebelum memilih platform pembuatan website. Perhitungan biaya ini tergantung kebutuhan website Anda.

Beberapa platform mungkin lebih cocok digunakan dari pada yang lain – misalnya, jika Anda berencana membuat website skala kecil, maka pilihlah platform yang memberikan biaya yang lebih murah walaupun memiliki fitur terbatas.

Dukungan teknis

Saat Anda memilih layanan website, penting untuk mempertimbangkan dukungan teknis yang disediakan. Hal ini, memungkinkan Anda mendapatkan bantuan saat mengalami kendala atau memiliki pertanyaan tentang cara penggunaan website.

Selain itu, pastikan layanan yang Anda pilih telah menyediakan panduan atau tutorial yang lengkap. Dengan panduan yang lengkap, Anda akan lebih mudah mempelajari cara menggunakan website tanpa harus menghubungi dukungan support.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa platform pembuat website terbaik yang dapat membantu Anda membuat website profesional dalam waktu singkat. Semua platform yang telah disebutkan sebelumnnya, memiliki kelebihan, kekurangan dan menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang miliki, agar website Anda berjalan sesuai yang diharapkan.

Nah, demikian artikel cara membuat website sendiri dengan menggunakan platform website. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya