Plugins

7 Plugin Live Chat di WordPress Untuk Meningkatkan Bisnis

Apakah Anda memiliki website bisnis atau toko online? Ingin pelanggan dapat menghubungi Anda dengan mudah? Jika iya, maka menambahkan fitur Live Chat bisa menjadi salah satu pilihan yang baik.

Menyediakan fitur live chat pada website dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan dan memberikan dukungan yang cepat dan efisien. Anda dapat menggunakan fitur widget chat hingga fitur canggih lainnya seperti respons otomatis,integrasi dengan layanan email marketing, hingga penanganan pesan offline.

Dalam artikel ini, saya akan memberi informasi plugin-plugin live chat di WordPress yang dapat Anda gunakan serta kelebihan, kekurangan dan pilihan plugin live chat yang cocok untuk bisnis Anda.

Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita lihat beberapa plugin live chat di WordPress yang bisa di gunakan untuk website Anda.

Kelebihan Menggunakan Plugin Live Chat

Kelebihan menambahkan fitur live chat di WordPress seperti berikut:

  • Memberikan dukungan pelanggan yang cepat
  • Memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan admin toko
  • Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan
  • Mendapatkan kontak email pelanggan yang bisa digunakan untuk melakukan follow up atau remarketing.

Kekurangan Menggunakan Plugin Live Chat

Kekurangan menambahkan fitur live chat di WordPress seperti berikut:

  • Operator harus bisa menjawab dengan cepat. Pelanggan akan meninggalkan website jika mendapatkan respon yang lama.
  • Saat operator offline, operator hanya bisa membalas pesan pelanggan melalui email yang di masukan. Pelanggan Indonesia jarang membuka email.

Daftar Plugin Live Chat di WordPress

Berikut adalah beberapa plugin live chat populer untuk WordPress:

1. Tawk.to

Tawk.to adalah layanan chat yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk menambahkan chat live ke situs WordPress Anda. Tawk.to menyediakan fitur yang lengkap seperti dukungan multibahasa, respons otomatis, dan integrasi dengan aplikasi mobile.

Hebatnya lagi, Anda dapat menikmati semua layanan yang ditawarkan secara gratis tanpa perlu upgrade ke versi pro. Layanan ini tidak menyediakan versi pro sehingga Anda dapat menggunakannya dengan bebas tanpa harus khawatir akan biaya tambahan

2. Live Chat

plugin livechat di wordpress

Live Chat

Harga mulai $20 per bulan untuk 1 operator

Live Chat merupakan plugin chat di WordPress paling populer yang menawarkan fitur canggih seperti dukungan multi bahasa, integrasi CRM dan sistem tiket, dan laporan real-time.

Layanan live Chat menyediakan uji coba selama 14 hari sehingga Anda dapat mencoba semua fitur yang ditawarkan.

3. Pure Chat 

plugin purechat di wordpress

Pure Chat

Gratis, versi Premium mulai $39 per bulan untuk 4 operator

Pure Chat adalah plugin live chat yang cepat dan mudah digunakan. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur live chat pada situs web Anda dengan cepat dan mudah. 

Selain itu, Pure Chat juga menyediakan uji coba gratis selama 30 hari, sehingga Anda dapat mencoba fitur-fitur plugin ini sebelum memutuskan untuk membeli. Layanan ini juga menyediakan laporan dan history contact, sehingga Anda dapat melihat performa chat Anda dan membuat perbaikan jika diperlukan.

4. WP Live Chat Support

plugin WP Live Chat Support di wordpress

WP Live Chat Support

Gratis, versi Premium mulai $175 untuk per bulan untuk 10 operator

WP Live Chat Support merupakan plugin live chat gratis di WordPress yang mudah digunakan. setelah instalasi Anda dapat langsung menampilkan icon live chat di website. Dengan plugin WP Live Chat Support Anda mendapatkan fitur kolaborasi suara, video & tim yang terintegrasi.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur opsi seperti warna widget, ukuran, dan posisi untuk sesuai dengan desain website Anda.

5. Chaport

plugin chaport di wordpress

Chaport

Gratis, versi Premium mulai dari $19 Per bulan untuk 4 operator

Chaport adalah plugin live chat gratis yang memiliki tampilan modern dan mudah digunakan. Versi gratisnya hanya mendukung satu operator, namun sudah cukup untuk kebutuhan yang sederhana. Chaport juga menyediakan 30 hari chat history, sehingga Anda dapat melihat mengevaluasi percakapan yang masuk.

Pada versi premium, Anda akan mendapatkan lebih banyak opsi pengaturan fitur dan desain. Opsi desain dapat digunakan untuk mengatur tampilan widget seperti warna widget, ukuran, dan posisi untuk sesuai dengan desain website Anda.

6. Jivo Chat

plugin jivochat di wordpress

Jivo Chat

Gratis, versi Premium mulai dari $149 Per Tahun

Jivo Chat merupakan plugin chat All-In-One yang memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan. Dengan menggunakan Jivo, Anda dapat mengintegrasikan dengan berbagai macam platform komunikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram Chat, telepon, dan email. 

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan di berbagai macam media komunikasi yang digunakan, sehingga mempermudah proses interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Integrasi dengan aplikasi WhatsApp sangat berguna jika Anda berjualan di Indonesia, karena pembeli masih suka bertanya-tanya untuk memastikan produk sebelum melakukan pembelian.

7. Tidio

plugin tidio di wordpress

Tidio

Gratis, versi Premium mulai dari $15 Per bulan untuk 5 operator

Tidio adalah layanan live chat yang menyediakan fasilitas chatbot dan email marketing. Dengan menggunakan Tidio, Anda dapat dengan mudah membuat chatbot dengan menggunakan editor visual drag-and-drop. 

Chatbot ini akan membantu menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan, sehingga mempermudah proses interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Selain itu, chatbot sangat membantu saat operator Anda sedang offline, karena pelanggan dapat menggunakan chatbot untuk mencari jawaban yang mereka cari tanpa harus menunggu balasan dari operator.

Plugin Live Chat WordPress Yang Cocok Untuk Anda Gunakan?

Setelah melihat daftar plugin live chat sebelumnya, mungkin Anda bertanya mana yang cocok untuk Anda gunakan?

Tidak ada jawaban yang pasti, semua tergantung kebutuhan bisnis Anda. Masing-masing plugin memiliki kelebihan dan kekurang. 

Karena itu, saya rekomendasikan seperti berikut ini:

  • Gunakan Tawk.to jika Anda baru memulai membuat website bisnis atau toko online. Tawk.to menawarkan fitur lengkap dan menambahkan banyak operator. Kekurangan plugin ini hanya di pesan offline, Anda tidak dapat melakukan custom text saat pesan offline berhasil dikirim.
  • Gunakan Jivo Chat, jika Anda memiliki banyak media komunikasi yang digunakan. Dengan menggunakan Jivo, Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp, Telegram Chat, Email dan dapat menjadwalkan panggilan telepon.
  • Gunakan Tidio jika Anda ingin memiliki fitur chat dengan fasilitas chatbot. Fitur chatbot bisa Anda miliki di versi gratis dan versi premium.

Alternative Fitur Live Chat di WordPress

Plugin live chat di WordPress memang memiliki banyak kelebihan, tapi sebagai pebisnis online sudah menjadi rahasia umum, jika pelanggan Indonesia masih suka menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan penjual.

Anda juga dapat menambahkan fitur chat langsung ke aplikasi WhatsApp di website untuk menjadi alternative plugin live chat di WordPress. 

Berikut beberapa daftar plugin WhatsApp yang bisa Anda gunakan:

  • WP Social Chat: Plugin untuk menambahkan widget chat di WordPress
  • WooCommerce WhatsApp Chat: Plugin integrasi WhatsApp dengan WooCommerce. Menambahkan Widget chat, tombol pembelian via WhatsApp, Follow pemesanan dan pengiriman detail pesanan ke admin toko.

Kesimpulan

Plugin live chat di WordPress merupakan solusi yang sangat baik untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan dan membuat website Anda menjadi lebih interaktif. Anda dapat mencoba versi gratis terlebih dahulu jika Anda baru saja memulai membuat website bisnis.

Jika setelah menambahkan plugin live chat bisnis Anda menghasilkan lebih banyak konversi, Anda bisa melakukan upgrade ke paket premium untuk fitur lebih lengkap.

Demikian daftar plugin live chat di WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Cloud Hosting Indonesia
Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Plugins

9+ Plugin Affiliate WordPress – Untuk Meningkatkan Profit Bisnis…

Apakah Anda Ingin memulai program affiliate marketing untuk memperluas jangkauan bisnis Anda? Jika ya, maka...
Plugins

WooCommerce: Plugin Toko Online WordPress Terbaik

Apakah Anda ingin membuat sebuah toko online WordPress? Saat ini membuat toko online sangatlah mudah, kombinasi...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.