fbpx

6 Kategori Plugin WordPress Yang Wajib diinstall

|

31 Dilihat

Apakah Anda baru saja menginstal WordPress? jika iya, sekarang saatnya untuk menambahkan beberapa plugin yang harus Anda pertimbangkan untuk digunakan. Plugin ini akan memberikan fungsi tambahan yang akan membuat website menjadi lebih optimal dan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa plugin WordPress yang wajib diinstall . Plugin-plugin yang saya tunjukan, akan saya bagi bedasarkan kategori kegunaannya. Yuk, simak hingga selesai.

Plugin Wajib Untuk WordPress

Berikut beberapa plugin yang wajib Anda install di WordPress:

1. Plugin SEO

Plugin SEO membantu Anda melakukan riset kata kunci, mengoptimalkan meta tag, mengintegrasikan media sosial, membuat sitemap, dan banyak lagi. Selain itu, plugin SEO juga menyediakan tools untuk menilai sebuah konten untuk mempermudah Anda mengetahui konten tersebut sudah sesuai dengan standar Google.

Beberapa plugin SEO yang bisa Anda gunakan seperti Rank Math, Yoast SEO dan All in One SEO.

Saya merekomendasikan menggunakan Rank Math, selain ringan, plugin SEO ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap.

2. Plugin SMTP

Website WordPress memiliki beberapa fungsi pengiriman email seperti email notifikfikasi pendaftaran, login, lupa password dll. Biasanya fungsi-fungsi tersebut gagal mengirimkan email karena WordPress menggunakan metode PHP Mailer.

Nah, plugin Easy SMTP ini solusinya! dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa mengganti metode default WordPress dengan SMTP yang lebih terjamin dalam mengirim email.

Selain menggunakan SMTP dari hosting, Anda juga menggunakan layanan SMTP lain seperti Mailgun, Brevo, Mailtrap, dan mailketing.

Baca juga: Tutorial setting SMTP di WordPress dengan plugin Easy SMTP.

3. Plugin Cache & Optimasi

LiteSpeed Cache merupakan plugin cache yang dirancang khusus untuk server berbasis LiteSpeed. Saat ini, hampir semua server shared hosting menggunakan LiteSpeed Web Server untuk menjalankan WordPress.

Plugin ini menyimpan salinan halaman website di browser pengguna, sehingga pada kunjungan berikutnya, pelanggan tidak perlu lagi melakukan request ke server, yang membuatnya lebih cepat.

Selain caching, plugin ini juga memiliki fitur optimasi script JavaScript dan CSS. Dengan fitur ini, Anda bisa mengoptimalkan semua script baik dari tema maupun plugin, sehingga performa website semakin maksimal.

Baca juga: Tutorial dasar menggunakan LiteSpeed Cache untuk pemula

4. Plugin Keamanan

WordPress menjadi CMS yang banyak digunakan, tapi karena hal tersebut, WordPress sasaran empuk para hacker. Karena itu, penting untuk menambahkan plugin keamanan. Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah plugin All In One Security.

Dengan plugin keamanan All In One Security, Anda dapat melakukan proteksi website WordPress seperti menyembunyikan halaman login admin, membatasi jumlah percobaan login, memblokir ip tertentu dll.

5. Plugin Backup

Melakukan backup website merupakan hal yang sangat penting. Jika terjadi masalah, Anda dapat dengan mudah melakukan restore dan mengurangi kemungkinan dari kehilangan data.

Salah satu plugin backup yang populer dan lengkap adalah UpdraftPlus. Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa melakukan backup otomatis secara terjadwal dan menyimpan file backup di layanan cloud seperti Google Drive.

Baca juga: Tutorial lengkap backup WordPress menggunakan plugin UpdraftPlus

6. Plugin Analitik

Site Kit by Google merupakan plugin resmi dari Google untuk WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda terhubung dengan layanan Google seperti Google Analytics, Search Console, Google Ads, dan Tag Manager.

Penggunaannya mudah, cukup hubungkan akun Google Anda dengan layanan yang dibutuhkan. Setelah selesai melakukan instalasi, Anda dapat memantai traffic langsung dari halaman dashbord WordPress tanpa harus membuka satu per satu layanan Google.

Baca juga: Tutorial cara menghubungkan website dengan Google dengan plugin Site Kit

Kesimpulan

WordPress menawarkan banyak pilihan plugin yang dapat digunakan. Pastikan hanya menginstal plugin yang benar-benar Anda pahami fungsinya dan benar-benar dibutuhkan. Dengan menginstal plugin secara tepat, website Anda akan berjalan dengan optimal.

Demikian tutorial tentang plugin wajib di WordPress. Jika ada pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya