Plugins

7+ Extensions dan Addon Contact Form 7 Yang Wajib Dimiliki

Contact Form 7 adalah plugin WordPress gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat  form kontak mudah dan fleksibel. Sampai saat ini, plugin ini sudah didownload lebih dari 5 juta dan mendapatkan rating bintang 5, membuat plugin ini menjadi salah satu plugin paling populer di WordPress.org.

Selain mudah digunakan oleh pengguna pemula, plugin ini juga mengizinkan para developer untuk mengembangkan Extensions atau add-on untuk memberikan fungsi extra untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukan beberapa extensions atau Addon Contact Form 7 yang dapat digunakan menambahkan fitur tambahan di website Anda. Yuk lihat selengkapnya!

Daftar Addon Contact Form 7

Berikut beberapa rekomendasi Addon Contact Form 7 yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fungsional form di website WordPress Anda.

1. Void Contact Form 7 Widget for Elementor Page Builder

Addon Contact Form 7 Elementor widget

Void Contact Form 7 Widget for Elementor Page Builder adalah add-on Contact Form 7 yang memungkinkan Anda untuk membuat form contact form dengan cara drag and drop. Hal ini jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan membuat form melalui fitur contact form pada umumnya.

Meskipun Elementor memiliki widget contact form, widget ini hanya dapat digunakan jika Anda memiliki Elementor versi Pro. Contact Form 7 dan Void Contact Form 7 adalah kombinasi tepat jika Anda mencari cara mudah dan gratis untuk menambahkan formulir menggunakan Elementor.

2. Contact Form 7 – Dynamic Text Extension

Addon Contact Form 7 dynamic text

Contact Form 7 – Dynamic Text Extension adalah add-on Contact Form 7 yang memungkinkan Anda menambahkan teks atau nilai dinamis ke form yang Anda tampilkan. Teks dapat memiliki nilai seperti data pengguna yang sedang login, ID artikel, judul artikel, daftar produk, post meta dll.

Dengan menggunakan add-on ini, Anda dapat menambahkan fitur seperti berikut:

  1. Anda dapat membuat kalimat sapaan sebelum pengguna mengisi formulir, misalnya, “Halo, [nama], apa kabar? Silahkan isi formulir konfirmasi berikut untuk menyelesaikan pembayaran.”
  2. Menampilkan data pribadi di formulir sesuai dengan pengguna yang sedang login; misalnya, Anda dapat menampilkan nilai otomatis di kolom untuk nama, email, dan telepon, dll.
  3. Menambahkan opsi pemilihan kolom menampilkan daftar artikel yang dinamis.

Dengan menggunakan add-on Dynamic Text Extension, Anda dapat membuat sebuah formulir yang lebih interaktif dan personal.

3. Redirection for Contact Form 7

Addon Contact Form 7 redirection

Redirection for Contact Form 7 adalah add-on Contact Form 7 yang memungkinkan Anda mengarahkan pengguna ke halaman atau URL tertentu setelah mengirimkan form kontak. Misalnya, setelah pengguna mengirimkan form kontak, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman terima kasih atau halaman produk rekomendasi.

Dengan menggunakan add-on ini, Anda dapat menambahkan fitur seperti berikut:

  1. Mengarahkan pengguna ke halaman atau URL tertentu.
  2. Menjalankan kode JavaScript setelah form terkirim.
  3. Menyimpan data pengiriman ke database.

4. Conditional Fields for Contact Form 7

Addon Contact Form 7 conditional fields

Conditional Fields for Contact Form 7 adalah sebuah plugin tambahan untuk Contact Form 7 yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan kolom form yang akan ditampilkan atau disembunyikan berdasarkan jawaban dari kolom lain.

Fitur ini berguna jika Anda ingin menampilkan atau menyembunyikan bidang tambahan yang hanya perlu diisi dalam kondisi tertentu. Misalnya, jika pengunjung memilih opsi A maka kolom pelanggan akan dimunculkan atau jika pengunjung memilih opsi B maka kolom vendor yang akan dimunculkan.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat membuat sebuah form yang fleksibel dan menyederhanakan proses pengisian form.

5. Contact Form 7 Database addon – CFDB7

Addon Contact Form 7 database

Meskipun plugin Contact Form 7 menawarkan banyak kelebihan dan fitur, sayangnya plugin ini tidak memiliki fitur untuk menyimpan data yang dikirimkan oleh pengguna ke database.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menginstal Contact Form 7 Database addon untuk mendapatkan fitur tersebut. Dengan add-on ini, Anda dapat dengan mudah menyimpan, melihat dan mengelola data yang dikirimkan pengguna tanpa konfigurasi tambahan apa pun.

Dengan menggunakan add-on ini, Anda dapat menambahkan fitur seperti berikut:

  1. Menyimpan data yang dikirimkan pengguna ke database.
  2. Menampilkan semua daftar Contact Form 7 yang dibuat.
  3. Export semua data yang dikirim pengguna ke file CSV

6. Drag and Drop Multiple File Upload – Contact Form 7

Addon Contact Form 7 drag and drop multiple file upload

Drag and Drop Multiple File Upload – Contact Form 7 merupakan add-on tambahan yang dapat digunakan pengguna untuk mengupload file gambar, dokumen, audio, dan video dengan cara Drag and Drop. Add-on ini memungkinkan pengguna untuk mengupload banyak file sekaligus dan melihat kembali file sebelum dikirim.

Dengan menggunakan add-on ini, Anda dapat menambahkan fitur seperti berikut:

  1. Mengupload file dengan metode drag and drop.
  2. Mengupload banyak file dalam satu form.
  3. Membatasi jenis dan besar file yang diupload.
  4. Mengirim file berupa lampiran atau sebagai url.

7. Honeypot for Contact Form 7

Addon Contact Form 7 honeypot

Honeypot for Contact Form 7 adalah sebuah add-on yang bisa Anda gunakan untuk mencegah spam dan serangan otomatis yang dikirim melalui form. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat mencegah bot dan spam yang mengganggu tanpa menambahkan captcha yang menyulitkan.

Bonus

Ultimate Addon Contact Form 7

Ultimate Addons for Contact Form 7 merupakan add-on Contact Form 7 multifungsi yang menawarkan semua fitur yang mungkin Anda butuhkan. Dengan menggunakan add-on ini, Anda akan mendapatkan fungsi-fungsi beberapa add-on yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki add-on ini antara lain sebagai berikut: 

  • External / Thank You Page Redirection: Mengarahkan pengguna ke halaman atau URL tertentu setelah mengirimkan form kontak
  • Conditional Field: Menampilkan atau menyembunyikan kolom berdasarkan jawaban dari kolom lain.
  • WooCommerce Product Dropdown: Menampilkan kolom yang berisi daftar produk WooCommerce.
  • Complete Form Styler: Fitur untuk mengelola tampilan form contact.
  • Dynamic Text Extension: Menampilkan nilai dinamis seperti data pengguna yang sedang login, ID artikel, judul artikel, daftar produk,
  • Save to Database: Menyimpan data yang dikirimkan pengguna ke database.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan add-on yang tersedia untuk digunakan pada Contact Form 7, membuat plugin ini dapat Anda gunakan dengan fleksibel. Selain daftar add-on yang saya sebutkan diatas, masih banyak add-on lain yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan formulir Anda. 

Beberapa add-on mungkin menawarkan fitur serupa, pastikan untuk memeriksa fitur yang tersedia dan membandingkan add-on sebelum memutuskan mana yang akan digunakan.

Demikian artikel tentang rekomendasi addon Contact Form 7. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.