Pemula

Pengenalan Elementor: Fitur, Fungsi, dan Kelebihannya

Tampilan website yang menarik akan memberikan kesan pertama yang baik kepada pengunjung. Masalahnya membuat tampilan website bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika Anda tidak memiliki keahlian desain atau pengembangan WordPress.

Tapi Anda tidak perlu kuatir, dengan menambahkan plugin page builder seperti Elementor, Anda dapat membuat sebuah desain halaman menjadi lebih mudah tanpa harus menambahkan kode maupun memahami desain.

Menyediakan puluhan elemen dan pilihan template, Anda dapat membuat sebuah website dengan tampilan yang profesional.

Fitur yang lengkap dan menyediakan banyak pilihan template yang siap digunakan, membuat plugin Elementor menjadi plugin page builder paling populer di WordPress saat ini.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu Elementor? fitur, cara menggunakan, kelebihan dan kekurangannya. Yuk, baca hingga selesai!

Apa itu Elementor?

Web Elementor
Web Elementor

Elementor adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk membuat sebuah halaman dengan cara visual drag and drop. Dengan menggunakan Elementor Anda dapat mengatur layout, menambahkan text, gambar, blog dan elemen lainnya untuk menampilkan konten dan mempercantik tampilan website Anda.

Elementor menyediakan banyak pilihan template yang bisa Anda gunakan sebagai dasar pembuatan halaman, jadi Anda tidak perlu lagi membuat dari nol.

Selain itu pada versi PRO, Anda dapat membuat dan mengedit semua komponen pada WordPress seperti header, halaman single

Fungsi Elementor

Membuat Halaman Static

Dengan menggunakan Elementor Anda dapat membuat desain halaman static atau halaman yang berisi informasi tertentu seperti halaman home, tentang kami, konfirmasi pembayaran dll.

Jika Anda ingin membuat halaman dinamis seperti halaman archive atau single, Anda harus menggunakan Elementor Pro. 

Membuat Landing Page

Anda dapat menggunakan Elementor untuk membuat sebuah landing page, silakan gunakan template canvas jika Anda ingin membuat halaman kosong tanpa header, footer, sidebar dan membuang komponen lain dari tema.

Website Editor

Theme Builder Elementor
Theme Builder Elementor

Jika Anda menggunakan Elementor Pro, Anda dapat membuat semua komponen yang ada di website seperti membuat header, footer, sidebar, halaman archive, pop up dan halaman dinamis lainnya.

Dengan menggunakan fitur theme editing, Anda dapat mendesain semua bagian website dengan menggunakan Elementor.

Bagian Penting di Elementor?

Widget

Widget Elementor
Widget Elementor

Widget merupakan elemen yang digunakan untuk membangun halaman website Anda. Widget menambahkan fitur tambahan pada sebuah halaman dan bisa Anda gunakan untuk menambahkan komponen, mulai dari text hingga menambahkan data dinamis seperti postingan atau produk. Widget yang paling sering digunakan seperti widget Heading, Text, Button, dan Image.

Mobile Editing 

Mobile editing Elementor
Mobile editing Elementor

Dengan fitur mobile editing, Anda dapat melakukan pengaturan yang berbeda-beda pada setiap tampilan device. Untuk masuk ke mobile editing silakan klik icon device bagian paling bawah panel editor

Template

Template adalah kumpulan berbagai elemen atau widget yang tersusun membentuk sebuah desain halaman. Daripada harus membuat desain halaman, element, layout, gambar dll dari awal, Anda dapat menggunakan template yang sudah ada untuk membuat halaman dengan cepat dan konsisten.

Library

Elementor template library
Elementor template library

Library Elementor menampilkan pilihan template-template desain halaman. Dengan menggunakan library Anda dapat menggunakan template disediakan Elementor atau menyimpan halaman yang telah Anda buat menjadi sebuah template yang dapat digunakan pada halaman lain.

Page Layout

Page Layout Elementor
Page Layout Elementor

Page layout merupakan jenis halaman dengan desain layout berbeda dengan layout utama, berikut adalah beberapa page layout yang digunakan di Elementor:

  • Elementor Canvas: Halaman tanpa Header and Footer and Sidebars. Cocok digunakan untuk kebutuhan landing pages, coming soon pages, maintenance mode pages dll.
  • Elementor Full Width:  Halaman yang memungkinkan Anda mengganti lebar halaman default dan menggunakan desain lebar penuh pada tema apa pun.

Json Template

Template yang telah Anda buat di Elementor dapat Anda pindahkan ke website lain dengan cara import. Hasil import template inilah yang disebut json template. 

Json Template memungkinkan seorang berbagi desain dengan orang lain atau menjual template Elementor.

Add On Elementor

Elementor mengizinkan para pengembang plugin untuk membuat fitur tambahan untuk memaksimalkan fungsi dari Elementor itu sendiri. Add-Ons Elementor dapat Anda lihat dalam daftar berikut:

  • Elementor Pro: Merupakan Addon resmi dari Elementor, dengan menggunakan add on ini Anda akan mendapatkan widget yang lebih banyak dan fitur yang lebih lengkap seperti pop up builder, archive builder, single post, single produk WooCommerce dll.
  • Essential Addons for Elementor: Menyediakan 90+ custom widget yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman yang lebih komplek.
  • Elementor Header & Footer Builder:  Memungkinkan Anda membuat layout header dan footer pada semua halaman dengan menggunakan Elementor.
  • Starter Templates: Menyediakan 280+ template siap pakai untuk memudahkan Anda mendesain halaman.
  • Crocoblock: Tools lengkap yang memungkinkan Anda membuat segala jenis website menggunakan Elementor. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat mengedit halaman archive, single post, membuat form dll.
  • LandingKit: Menyediakan 170 Template Elementor yang dibuat khusus untuk kebutuhan landing page. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat membuat sebuah landing page yang berkualitas dan desain yang disesuaikan dengan market Indonesia.

Tema Khusus Elementor

Pada dasarnya, Elementor dapat digunakan untuk semua tema yang tersedia. Tapi yang beberapa tema ada yang dibuat khusus untuk Elementor dan menambahkan custom widget untuk hasil yang lebih baik.

Beberapa tema yang dapat Anda gunakan untuk Elementor seperti berikut:

  • LandingPress: Tema khusus untuk membuat landing page yang menyediakan banyak custom widget dan pilihan template Elementor.
  • LarisManis: Tema toko online WooCommerce yang menyediakan template Elementor siap pakai.
  • SaudagarWP: Tema toko online WooCommerce yang terintegrasi dengan dan menyediakan custom widget Elementor.
  • Jupiter X: Salah satu tema populer di themeforest yang menyediakan dukungan penuh untuk Elementor. Mulai dari custom widget, header builder, Archive Builder dll. Dengan menggunakan tema ini, Anda tidak perlu lagi membeli Elementor pro.
  • AstraWP: Salah satu tema populer di WordPress.org, yang telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna aktif. Tema Astra memberikan template siap pakai, baik untuk versi gratis maupun berbayar. 
  • OceanWP: Tema multi fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tema ini menyediakan pilihan extensions sesuai kebutuhan.
  • Hello: Tema resmi dari Elementor, cocok digunakan jika Anda ingin membuat seluruh halaman menggunakan Elementor pro termasuk header, footer, archive dan halaman single.

Selain tema WordPress yang saya sebutkan diatas, masih banyak tema lain yang memberikan dukungan untuk Elementor baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda bisa membaca deskripsi tema, untuk melihat dukungan apa saja yang diberikan untuk Elementor.

Kelebihan Elementor

Berikut beberapa kelebihan menggunakan Elementor untuk membuat website:

  • Mudah digunakan: Elementor memiliki tampilan editor yang mudah digunakan, bahkan untuk pengguna awan dapat membuat halaman profesional dengan plugin ini.
  • Add On tambahan: Tersedia plugin tambahan yang menawarkan fitur-fitur untuk memaksimalkan fitur dasar Elementor.
  • Banyak pilihan template: Tersedia pilihan desain template siap pakai yang memudahkan membuat sebuah halaman tanpa mengerti desain.
  • Dukungan tema: Banyak tema yang memberikan dukungan pada Elementor seperti menyediakan custom widget atau template. Jadi, desain dan fitur tema dapat terintegrasi dengan baik.

Kekurangan Elementor

Berikut beberapa kekurangan menggunakan Elementor untuk membuat website:

  • Website lebih lambat: Semakin lambat elemen atau fitur yang Anda sertakan pada suatu halaman akan membuat website semakin lambat.
  • Untuk fitur lebih, Anda mungkin butuh melakukan upgrade ke Elementor versi PRO atau menambahkan plugin berbayar lainnya.

Untuk mengatasi waktu loading yang lama, Anda bisa meningkatkan spesifikasi hosting, menggunakan sistem cache dan melakukan optimasi WordPress.

Cara install Elementor

install plugin Elementor
install plugin Elementor

Untuk melakukan instal Elementor, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Pada kolom pencarian, ketikan “elementor”
  3. Pilih plugin Elementor Website Builder, klik install dan aktifkan.

Baca juga: Cara install plugin di WordPress

Cara Menggunakan Elementor

Edit halaman dengan Elementor
Edit halaman dengan Elementor

Untuk membuat halaman dengan Elementor, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Pages
  2. Buat baru atau edit page yang sudah tersedia.
  3. Klik tombol Edit with Elementor, untuk membuka Elementor Editor
  4. Dran and Drop widget elementor ke halaman website.
  5. Atur layout, background dll.
  6. Klik Publish untuk menyimpan perubahan.

Alternative Elementor

Beberapa alternatif Elementor yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman WordPress dengan cara drag and drop. Beberapa plugin page builder di WordPress seperti berikut:

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Elementor adalah plugin yang bagus untuk membuat tampilan website Anda yang terlihat profesional dengan cepat dan mudah. Namun, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan apakah itu solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Nah, demikian artikel dengan pengenalan plugin Elementor, fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Cloud Hosting Indonesia
Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Pemula

Pengenalan SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Penerapan di Website…

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, secara sederhana SEO dapat diartikan sebagai cara optimasi...
Pemula

Pengenalan Landing Page: Pengertian dan Fungsinya dalam Digital Marketing

Apa yang dimaksud dengan landing page? Apakah ada perbedaan antara landing page dan website atau...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.