fbpx

Kelebihan dan Kekurangan WordPress Yang Wajib diketahui

|

13 Dilihat
Kelebihan dan kekurangan WordPress
Halaan utama WordPress.org

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) pembuat website paling populer saat ini dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk pembuatan website. WordPress sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula yang tidak memiliki kemampuan teknis yang tinggi sehingga dapat membuat website dengan cepat.

Selain itu, WordPress dilengkapi dengan banyak pilihan plugin dan tema yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur dan mendapatkan desain website yang menarik. Dengan dukungan plugin dan tema, WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website, mulai dari blog pribadi, portfolio, website perusahaan hingga toko online.

Namun, tidak ada platform pembuat website yang sempurna, begitu juga dengan WordPress. Pada artikel ini, saya akan membahas kelebihan dan kekurangan WordPress yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Yuk, simak hingga selesai!

Kelebihan Menggunakan WordPress

Beberapa kelebihan WordPress yang akan Anda dapatkan sebagai berikut:

1. Mudah digunakan

Salah satu kelebihan WordPress adalah kemudahan penggunaannya. Bahkan jika Anda masih baru dan tidak memiliki pengalaman dalam membuat website, Anda dapat membuat website dengan mudah menggunakan WordPress.

WordPress menyediakan desain halaman admin yang sederhana, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan konten, mengelola halaman, dan mengubah tampilan website.

2. Fleksibilitas

WordPress telah berkembang pesat sejak peluncuran awalnya sebagai platform pembuatan blog. Saat ini, dengan dukungan plugin dan tema, WordPress bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai macam jenis website dan menambahkan berbagai macam fitur.

Dengan menambahkan plugin dan tema, Anda dapat dengan mudah membuat website agar berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Jika, Anda tidak dapat menemukan plugin yang sesuai dengan kebutuhan, Anda juga dapat menyewa jasa programmer untuk menambahkan fitur tersebut.

3. SEO-Friendly

WordPress didesain dengan mengaplikasikan kaidah SEO sesuai yang direkomendasikan oleh Google. Platform ini memungkinkan Anda untuk melakukan optimasi website agar tampil maksimal di halaman pencarian Google.

Selain itu, Anda juga dapa menggunakan plugin SEO populer seperti Rank Math, Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan konten yang Anda buat aga lebih optimal dan mendapatkan rating lebih baik.

4. Komunitas Besar

WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif di seluruh dunia. Komunitas ini sangat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan yang Anda hadapi ketika menggunakan WordPress.

Selain itu, tersedia banyak tutorial yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi tentang cara membuat website dan mengatasi masalah yang terjadi di WordPress.

Kekurangan menggunakan WordPress

Beberapa kekurangan WordPress yang akan Anda dapatkan sebagai berikut:

1. Keamanan

Salah satu kelemahan WordPress adalah masalah keamanannya, karena merupakan platform open source, potensi serangan keamanan untuk merusak website Anda menjadi lebih besar.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus secara rutin melakukan update core WordPress, tema dan plugin untuk mendapatkan versi terbaru. Selain itu, Anda juga harus melakukan backup otomatis sehingga Anda dapat mengembalikan keadaan website Anda ke kondisi semula jika terjadi masalah.

2. Kecepatan Situs

Kecepatan website merupakan faktor penting dalam pengalaman pengguna. Namun, WordPress tidak selalu mampu memberikan kecepatan website yang optimal. Hal ini karena Anda menggunakan tema dan plugin dari pengembang yang berbeda, setiap pengembang memiliki gaya pemograman yang berbeda-berbeda sehingga sangat sulit untuk melakukan optimasi.

Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan optimasi website, seperti menggunakan plugin caching dan memilih hosting yang tepat.

3. Keterbatasan Fungsi pada Versi Gratis

Walaupun WordPress memiliki banyak plugin dan tema yang dapat membantu Anda menambahkan fungsionalitas website, namun ada beberapa fitur yang hanya tersedia pada versi plugin maupun tema berbayar.

Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk fitur-fitur khusus yang ingin Anda gunakan dan mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

4. Membutuhkan Waktu untuk Belajar

Meskipun WordPress mudah digunakan, namun Anda tetap harus mempelajari cara menggunakan platform ini. Hal ini dapat membutuhkan waktu dan usaha lebih. Anda juga perlu memahami sedikit teknis seperti hosting, domain, dan instalasi plugin untuk dapat memaksimalkan penggunaan WordPress.

Alternatif WordPress Untuk Membuat Website

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan WordPress, mungkin Anda ingin mempertimbangkan alternatif lainnya. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan di antaranya:

  1. Wix: Platform pembuatan website drag-and-drop yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua kalangan, mulai dari pemula hingga pengguna yang berpengalaman.
  2. Squarespace: Platform pembuatan website dengan fokus pada desain dan tampilan, dengan editor yang mudah digunakan dan banyak fitur untuk menyesuaikan tampilan website Anda.
  3. Ghost: Platform blogging open-source yang memungkinkan Anda untuk membuat blog yang cepat, mudah, dan ringan digunakan tanpa banyak fitur tambahan.
  4. Shopify: Platform e-commerce yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola toko online dengan fitur yang lengkap, seperti integrasi payment gateway, manajemen persediaan, dan tools marketing.
  5. Berdu: Platform pembuatan website lokal yang memungkinkan Anda membuat website bisnis mulai dari landing page hingga toko online.
  6. Jejualan: Platform e-commerce buatan lokal yang menyediakan fitur lengkap termasuk fitur perhitungan ongkos kirim kurir Indonesia.

Kesimpulan

WordPress memiliki banyak kelebihan sebagai platform pembuat website, seperti kemudahan penggunaan, fleksibilitas, SEO-friendly, dan dukungan komunitas yang besar. Namun, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu diatasi, seperti keamanan, kecepatan website, keterbatasan fitur pada penggunaan plugin dan tema versi gratis, dan waktu yang diperlukan untuk mempelajari cara menggunakan platform ini.

Secara keseluruhan, WordPress tetap menjadi pilihan yang tepat bagi banyak pengguna dalam membuat website. Namun, Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan WordPress agar dapat mengoptimalkan penggunaan platform ini dan menciptakan website sesuai yang Anda butuhkan.

Demikian artikel yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya