fbpx

Website Lambat? Lihat Penyebab Utama dan Solusinya

|

7 Dilihat

Apakah Website WordPress Anda lambat? Website yang lambat dapat menyebabkan pengalaman pengunjung yang buruk dan berdampak negatif pada bisnis Anda. Loading website lambat, bisa menyulitkan pengunjung menemukan informasi dan menyebabkan mereka meninggalkan website Anda lebih awal.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari konfigurasi hosting yang kurang baik hingga pemasangan plugin yang tidak sesuai.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa penyebab utama yang membuat loading website lambat dan memberikan solusi untuk mengatasinya. Yuk simak hingga selesai.

Cara Menguji Kecepatan Website

Laporan uji kecepatan dengan GTmetrix

Anda dapat melakukan uji kecepatan website dengan menggunakan berbagai beberapa tools disebutkan di bawah ini:

Setelah melakukan uji kecepatan tool tersebut, Anda akan menerima laporan yang menunjukan kinerja website saat ini dan membuat rekomendasi untuk meningkatkan kecepatannya secara keseluruhan.

Beberapa tool akan memberikan hasil Laporan yang berbeda karena perbedaan cara mereka menilai informasi.

Faktor Yang Membuat Website Anda Lemot

Berikut ini beberapa faktor yang membuat website Anda memiliki loading yang lambat.

1. Hosting

Pilih hosting yang baik untuk mengatasi loading website lambat
Server hosting by pixabay.com

Hosting adalah faktor utama yang dapat mempengaruhi kecepatan website. Jika hosting tidak memiliki spesifikasi yang cukup atau kapasitas untuk menangani traffic yang tinggi, maka halaman website bisa menjadi lambat saat diakses. 

Selain itu, server yang mengalami masalah seperti downtime atau overloading dapat memperlambat proses loading halaman website.

Kebutuhan minimal hosting untuk menjalankan WordPress:

  • Memakai server Apache atau Nginx
  • Kapasitas hosting: minimal 1 GB
  • RAM (Random Access Memory): minimal 512 MB
  • CPU (Central Processing Unit): minimal 1.0 GHz
  • Versi PHP 7.4 atau lebih tinggi.
  • Versi MySQL 5.7 atau lebih tinggi atau versi MariaDB 10.3 atau lebih tinggi.
  • Dukungan HTTPS

Beberapa tips untuk memaksimalkan performa hosting dapat Anda lihat seperti berikut:

  1. Pilih hosting sesuai dengan syarat minimal kebutuhan WordPress
  2. Pilih jenis hosting sesuai kebutuhan, jika website Anda memiliki lebih dari 1000 kunjungan di saat yang sama pertimbangkan untuk menggunakan VPS.
  3. Gunakan plugin Cache seperti LiteSpeed Cache, WP Super Cache, WP Rocket dll.

2. Ukuran Gambar

kompress gambar menggunakan TinyPNG.com untuk mengatasi website lambat
Kompress gambar menggunakan TinyPNG.com

Ukuran gambar adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kecepatan website Anda. Jika gambar memiliki ukuran yang besar, waktu loading yang dibutuhkan akan lebih lama dan membuat website Anda lambat. Hal ini dapat menyebabkan pengalaman pengunjung menjadi buruk dan menurunkan peringkat pencarian website di Google.

Optimasi gambar di website dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti: 

  • Kompresi gambar: Untuk mengurangi ukuran gambar, Anda bisa menggunakan tool seperti Photoshop atau TinyPNG. Hal ini akan membantu mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas.
  • Menggunakan ukuran yang tepat: pastikan ukuran gambar sesuai dengan dimensi yang akan digunakan pada halaman website. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan gambar berukuran 500px, upload gambar dengan ukuran yang sama.
  • Gunakan format gambar WebP: WebP adalah format gambar unik yang khusus ditujukan untuk halaman web. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan format populer seperti JPG, PNG, atau GIF, WebP memberikan kualitas gambar yang baik tanpa kehilangan kualitas.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan berapa banyak gambar yang digunakan pada halaman tertentu karena terlalu banyak gambar juga dapat memperlambat waktu loading.

3. Penggunan Plugin

Gunakan plugin seperlunya untuk mengatasi website lambat
Install plugin WordPress

Banyak plugin yang terpasang pada sebuah website WordPress dapat mempengaruhi kecepatan website. Hal ini terjadi karena setiap plugin membutuhkan sumber daya dan waktu untuk memuat dan menjalankan fungsinya. Terlalu banyak plugin yang digunakan dapat menambah beban kerja server hosting dan memperlambat proses loading website.

Berikut beberapa tips memilih plugin yang tepat untuk digunakan di website WordPress:

  • Gunakan plugin resmi: Hanya gunakan plugin dari langsung dari WordPress atau pengembang terpercaya. Beberapa plugin premium yang bisa di download gratis atau harga yang jauh lebih murah akan beresiko memberikan masalah.
  • Hindari Plugin yang memiliki fungsi serupa: Menggunakan plugin yang memiliki fungsi yang sama tidak akan membuat website Anda menjadi lebih baik. Misalnya Anda mengaktifkan dua plugin SEO bersamaan seperti Yoast SEO dan Rank Math.
  • Nonaktifkan fitur plugin yang tidak dibutuhkan: Beberapa plugin menawarkan fitur All in one dengan banyak fitur, padahal tidak semua fitur yang ditawarkan akan digunakan.
  • Gunakan plugin yang selalu update: Plugin yang terus diperbaharui merupakan pilihan terbaik, pembaruan memastikan plugin memiliki kompatibilitas dengan versi WordPress terbaru dan memiliki kinerja yang baik.

Dengan mengikuti tips ini dapat membantu Anda memilih plugin yang tepat untuk memaksimalkan kinerja dan kecepatan website WordPress Anda.

4. Penggunaan Tema

Install tema sederhana untuk mengatasi website lambat
Instal Tema WordPress

Tema WordPress yang baik seharusnya tidak hanya memiliki desain yang menarik, tetapi juga memiliki waktu loading yang cepat. Desain yang sederhana dan ringan dapat membantu mengurangi waktu pemuatan halaman dan membuat pengunjung tetap terlibat.

Untuk memastikan website Anda berjalan dengan optimal, penting untuk menghindari tema dengan banyak animasi, fitur tambahan, dan plugin karena dapat memperlambat situs web Anda.

Berikut beberapa tips untuk memilih tema WordPress yang tepat:

  • Pilih tema yang minimalis, tanpa banyak animasi visual yang tidak perlu.
  • Pilih tema yang sudah mendapatkan banyak review positif dan memiliki skor kecepatan yang bagus.
  • Jangan menambahkan terlalu banyak plugin atau widget yang tidak perlu, karena ini dapat memperlambat website Anda.
  • Pilih tema yang menyediakan demo website sehingga Anda dapat mencoba kecepatan secara langsung.

5. Optimasi Kode Yang Buruk

optimasi kode dari tema dan plugin untuk mengatasi website lambat
Koding by pixabay.com

Di WordPress, Anda akan menggunakan tema dan plugin dari berbagai pengembang yang berbeda, sehingga kode yang dihasilkan tidak berdiri sendiri dan tidak terkait dengan kode dari plugin lain. Oleh karena itu, kode harus dapat dioptimalkan secara keseluruhan pada sebuah website untuk mendapat mendapatkan performa maksimal. 

Meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan teknis, Anda tidak perlu khawatir karena kode Anda dapat dioptimalkan dengan bantuan plugin optimasi seperti LiteSpeed Cache, Autoptimize, WP Rocket, dan plugin optimasi lainnya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimasi kode di WordPress sebagai berikut:

  1. Kompres file dengan GZIP: Membuat ukuran file menjadi lebih kecil, sehingga dapat diteruskan dari server ke browser dengan lebih cepat.
  2. Minify CSS dan JavaScript: Metode ini mengurangi ukuran file dengan menghapus spasi, baris, dan komentar yang tidak perlu, membuat file lebih ringkas dan mempercepat waktu pemuatan halaman.

Kesimpulan

Website yang lambat bisa sangat merugikan bagi bisnis Anda dan mempengaruhi pengalaman pengunjung. Dengan mengetahui faktor utama yang menjadi masalah dan menyebabkan loading website lambat, Anda dapat menemukan solusi untuk mempercepatnya.

Demikian artikel tentang faktor-faktor penyebab loading website lambat. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Rekomendasi Hosting WordPress

Berikut beberapa hosting yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi loading website yang lambat.

OceanHoster

Hosting yang memiliki banyak pilihan paket untuk kebutuhan Anda. Biaya perpanjangan flat dan dukungan CS yang handal.

IDCloudHost

Hosting dengan harga terjangkau dan memiliki banyak paket yang disesuaikan kebutuhan pelanggan.

Cocok untuk Anda yang baru memulai website WordPress dengan biaya terbatas.

Cloudways

Layanan manajemen VPS, dengan menggunakan Cloudways Anda akan mendapatkan hosting VPS tanpa harus mengerti hal-hal teknis.

Cocok untuk Anda yang memiliki kebutuhan besar dan tidak memiliki kemampuan mengelolah VPS.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya