fbpx

Tutorial Yoast SEO dan Cara Setting Untuk Pemula

Updated on 9 Februari 2023

|

26 Dilihat
Plugin yoast sep

Yoast SEO merupakan plugin optimasi SEO paling popular di WordPress. Dengan menggunakan plugin ini, Anda akan mempermudah untuk melakukan optimasi konten dan intergrasi dengan Search Engine seperti Google.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar melakukan penyesuaikan dasar di plugin Yoast SEO agar website Anda bisa tampil optimal di halaman pencarian Google.

Ingat, plugin Yoast SEO ini hanya sebuah alat bantu. Kunci utama agar halaman atau website Anda tampil di halaman pertama Google adalah dengan cara menghadirkan konten yang berkualitas, original dan sesuai dengan pencarian pengguna.

Install Plugin Yoast SEO

Untuk install plugin Yoast SEO, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Pada kolom pencarian ketikan “yoast”
  3. Klik Install Now, kemudian Aktifkan

Setelah plugin berhasil diaktifkan, Anda akan otomatis diarahkan ke plugin setup. Untuk bagian ini bisa diskip saja karena pada tutorial kali ini, kita akan melakukan settingan secara manual dari halaman admin.

Install plugin yoast seo

Cara Setting Yoast SEO

Webmaster Tools

Webmaster tools merupakan sebuah alat yang memudahkan Anda untuk menghubungkan website dengan sistem search engine. Sebelum menggunakan tool ini, Anda wajib mendaftarkan website pada di masing-masing search engine seperti Google Search Console.

Layanan Google Search Console berfungsi mempermudah website Anda ditemukan di halaman pencarian Google. Dengan menggunakan layanan ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa optimal website Anda di mesin pencari.

Untuk melakukan intergrasi Yoast SEO dengan Google Search Console, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Yoast SEO > General.
  2. Pilih tab Webmaster Tools.
  3. Pada opsi Google verification code, masukan kode verifikasi Google Search Console.
  4. Klik Save changes untuk menyimpan perubahan
  5. Kembali ke halaman Google Search Console kemudian lakukan verifikasi kepemilikan website.
search console yoast seo

Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah menu navigasi yang biasanya terletak di atas sebuah halaman website. Breadcrumbs digunakan untuk menunjukkan struktur halaman pada website anda, seperti halaman home, kategori, subkategori.

Breadcrumbs membantu pengunjung dan mesin pencari untuk melakukan navigasi di website miliki Anda dan memahami struktur halaman.

Untuk setting breadcrumbs di Yoast SEO, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Yoast SEO > Search Appereance
  2. Klik tab Breadcrumbs
  3. Ganti Text sesuai dengan kebutuhan
  4. Klik Save changes untuk menyimpan perubahan.
setting breadcrumbs yoast seo

Setting Default Meta Tag di Yoast SEO

Meta tag merupakan stuktur yang akan dibaca oleh mesin pencari dan sosial media. dengan menggunakan Yoast SEO, Anda dapat menentukan judul, deskripsi dan gambar yang akan ditampilkan pada halaman pencarian dan saat konten Anda dibagikan ke sosial media.

Pada bagian ini Anda dapat mengupload gambar default, gambar ini akan ditampilkan jika halaman atau artikel yang Anda bagikan tidak memiliki gambar utama.

Default opengraph
Tampilan meta tag di Facebook

Untuk setting default meta tag di Yoast SEO, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Yoast SEO > Social
  2. Klik tab Facebook
  3. Add Open Graph meta data: Klik enabled
  4. Default Image: Upload gambar default website
  5. Klik Save changes untuk menyimpan perubahan

Setting SEO Pada Post

Setelah melakukan settingan umum, sekarang saatnya melakukan optimasi halaman atau artikel pada masing-masing post di WordPress.

Untuk melakukan optimasi post dengan Yoast SEO, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman post, klik icon Yoast di pojok kanan atas.
  2. Focus keypharase: Masukan keyword artikel
  3. SEO analysis: Pada bagian ini Anda dapat melihat variabel-variabel yang harus disesuaikan agar konten Anda memiliki kualitas yang bagus di Google.
  4. Google Preview: Masukan judul dan deskripsi yang menarik, judul dan deskripsi yang menarik membantu meningkatkan tingkat klik dan interaksi pada konten.

Memasukan Keyword

Setting Meta Tag Post

Kesimpulan

Dengan menggunakan Yoast SEO, Anda dapat membuat website Anda dapat dikenali oleh Google sehingga Google dapat menentukan posisi yang cocok dengan isi konten yang Anda hadirkan. Plugin Yoast hanya alat bantu optimasi konten, syarat utama agar website Anda tampil di halaman pertama adalah konten yang berkulitas dan sesuai dengan standar SEO.

Demikian tutorial instalasi dan setting plugin Yoast SEO di WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *