fbpx

Rekomendasi Plugin Contact Form WordPress: Pilihan Terbaik

|

55 Dilihat

Apakah Anda sedang mencari plugin untuk membuat contact form di WordPress? Selain digunakan untuk membuat fitur kontak untuk komunikasi pengguna, saat ini plugin contact form di WordPress bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai macam fitur tambahan seperti konfirmasi pembayaran hingga form pembelian.

Pada artikel ini, kita akan membahas rekomendasi daftar plugin contact form di WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah form contact atau fitur form yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi.

Fungsi Plugin Contact Form di WordPress

Beberapa fungsi umum yang bisa Anda buat dengan menggunakan plugin contact form di WordPress seperti berikut:

  • Form Kontak
  • Konfirmasi Pembayaran.
  • Form Pendaftaran
  • Form Pembelian
  • Survei
  • Quis

Daftar Plugin Contact Form di WordPress

Berikut beberapa pilihan plugin untuk membuat contact form yang paling sering digunakan di WordPress.

1. Contact Form 7

plugin contact form worpdress contact form 7

Contact Form 7 adalah plugin contact form paling populer di WordPress. Plugin ini bisa digunakan secara gratis tanpa iklan dan menyediakan banyak pilihan kolom untuk formulir. Selain itu, plugin ini sangar fleksibel dan memiliki banyak extension seperti proteksi spam dan extension untuk menyimpan data ke database.

Sayangnya, plugin ini tidak memiliki form builder drag n drop, sehingga tidak semudah plugin contact form lainnya dalam daftar ini. Meski begitu, tersedia banyak tutorial baik berupa video dan artikel yang dapat memudahkan Anda dalam menggunakannya.

2. WPForms

plugin contact form worpdress by wpform

WPForms adalah salah satu plugin contact form terbaik untuk pengguna WordPress dan cocok bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan waktu mempelajari cara membuat contact form dari awal.

WPForms menyediakan fitur drag-and-drop builder yang memudahkan Anda membuat contact form. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah membuat form pendaftaran, survei, dan form lainnya.

3. Gravity Forms

plugin contact form worpdress gravity form

Gravity Form adalah salah satu plugin yang menyediakan banyak pilihan fitur di WordPress. Sayangnya, plugin ini tidak menyediakan versi gratis. Untuk dapat menggunakannya, Anda dapat membeli plugin ini dengan harga $59 per tahun.

Gravity Forms menyediakan fitur lengkap untuk membuat dan mengelola contact form di website Anda. Plugin ini memungkinkan integrasi dengan layanan email marketing dan layanan pembayaran online, yang dapat membantu meningkatkan fungsionalitas website.

4. Ninja Forms

plugin contact form worpdress ninja form

Ninja Form merupakan salah satu plugin contact form yang bisa Anda gunakan secara gratis. Plugin ini dilengkapi dengan fitur form builder drag n drop yang mudah digunakan. Meskipun begitu, versi gratis plugin ini memiliki banyak keterbatasan.

Jika Anda membutuhkan fitur lebih lengkap, Ninja Form menyediakan paket premium yang bisa dibeli dengan harga $49 per tahun. Perlu diingat, harga tersebut belum termasuk addon yang mungkin Anda butuhkan seperti kolom file upload, jadi pastikan Anda memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

5. WeForms

plugin contact form worpdress weform

WeForm adalah plugin form contact gratis yang menyediakan kolom input terlengkap. Plugin ini, menawarkan lebih dari 35 jenis kolom input, termasuk didalamnya kolom upload file, yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Ketersedian kolom input yang lengkap akan memudahkan Anda untuk membuat berbagai macam form dan mengumpulkan informasi lengkap dari pengguna.

6. Formidable Forms

plugin contact form worpdress formidable

Formidable Forms adalah plugin formulir kontak yang dirancang khusus untuk developer website. Plugin ini, bisa Anda gunakan untuk membuat form contact untuk berbagai kebutuhan seperti: form kuis, survei, form pembayaran, form pendaftaran dan masih banyak lagi.

Plugin ini juga terintegrasi dengan WooCommerce, sehingga dapat Anda gunakan untuk membuat form pembelian produk sehingga dapat memudahkan pelanggan melakukan pembelian langsung dari halaman landing page.

7. Forminator

plugin contact form worpdress forminator

Forminator adalah plugin contact form dengan fitur lengkap dan mudah digunakan untuk WordPress. Plugin ini menawarkan beragam fitur yang dapat disesuaikan, termasuk integrasi email marketing dan sistem pembayaran, serta fitur analitik yang berguna untuk melacak data yang dimasukan oleh pengguna.

Selain itu, plugin ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengupload artikel atau postingan langsung dari halaman member area tanpa harus login ke halaman admin. Fitur ini sangat berguna jika website Anda membutuhkan fitur penulis tamu.

Plugin Contact Form Yang Cocok Untuk Anda.

Beberapa gambaran yang bisa Anda gunakan untuk memilih form contact di WordPress sesuai kebutuhan Anda:

  • Contact Form 7: Gunakan jika Anda membutuhkan contact form gratis dengan fitur lengkap dan tidak masalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk belajar menggunakan plugin ini.
  • WeForm: Gunakan jika Anda membutuhkan contact form gratis dan hanya membutuhkan menampilkan pilihan kolom yang lengkap termasuk kolom input upload file.
  • Formidable Forms: Gunakan jika Anda membutuhkan form untuk kebutuhan yang komplek dan terintergrasi dengan banyak layanan.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan plugin contact form WordPress yang tersedia, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda. Pastikan untuk memilih plugin yang mudah digunakan, menyediakan fitur yang berguna, dan sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, pastikan juga untuk menguji form kontak Anda secara berkala dan mengoptimalkan pengalaman pengguna agar dapat meningkatkan kualitas layanan Anda.

Nah, demikianlah rekomendasi daftar plugin contact form WordPress yang bisa Anda gunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya