fbpx

10 Plugin Keamanan WordPress Untuk Proteksi Maksimal

|

20 Dilihat

WordPress adalah platform populer untuk membuat website, tetapi karena kepopulerannya ini membuat WordPress rentan mengalami serangan keamanan jika tidak disiapkan dengan benar. Hacker dapat mencuri data, merusak website, dan menyebabkan banyak hal yang bisa saja merugikan bisnis Anda.

Untungnya, ada banyak plugin keamanan yang dapat membantu Anda melindungi website WordPress dari serangan hacker. Plugin keamanan WordPress menyediakan fitur seperti perlindungan akun, autentikasi ganda, perlindungan dari malware, dan banyak lagi. Dengan langkah-langkah keamanan yang tepat, Anda dapat meningkatkan keamanan dan menjaga kerahasiaan data.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa daftar plugin keamanan WordPress, tips keamanan, dan pilihan plugin yang tepat untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda. Yuk simak sampai selesai!

Daftar Plugin Keamanan WordPress

Berikut daftar plugin keamanan WordPress yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website.

1. Wordfence Security

plugin keamanan wordpress Wordfence Security

Wordfence Security adalah plugin keamanan WordPress menyediakan proteksi real-time dan memantau aktivitas pada website Anda. Plugin ini melindungi website Anda dengan firewall, melakukan pengecekan malware terjadwal, proteksi halaman login dan memberikan laporan tentang tingkat keamanan WordPress Anda.

Sistem keamanan Wordfence akan secara teratur memperbarui dan menerapkan peraturan firewall terbaru, daftar malware, dan alamat IP berbahaya untuk menjaga keamanan website Anda.

Beberapa fitur unggulan:

  • Firewall: Mendeteksi dan memblokir lalu lintas berbahaya.
  • Malware scanner: Memeriksa backdoor malware, pengalihan halaman, dan kode berbahaya yang mungkin ada di kode utama, tema, dan plugin WordPress.
  • Perbaiki semua file yang mungkin telah diubah, lalu mengganti dengan versi aslinya.
  • Menghapus file mencurigakan yang dibuat di folder utama WordPress.
  • Memberikan laporan tentang status keamanan dan potensi masalah keamanan yang terjadi.

2. iThemes Security

plugin keamanan wordpress iThemes Security

iThemes Security adalah plugin keamanan yang menawarkan solusi keamanan lengkap untuk website Anda. Plugin ini menyediakan fitur seperti laporan aktivitas perubahan file, proteksi serangan brute force, dan meningkatkan keamanan login. Selain mudah digunakan, plugin iThemes Security memiliki desain sederhana, serta memberikan solusi keamanan yang lengkap untuk website Anda.

Beberapa fitur unggulan:

  • Two-Factor Authentication (2FA): Meningkatkan keamanan login dengan two-factor authentication, menggunakan metode seperti aplikasi Google Authenticator dan email.
  • Brute Force Protection: Mencegah percobaan login berulang. Metode Brute Force, biasa digunakan oleh hacker untuk masuk di halaman login melalui form login.
  • File Change Detection: Mencari file penting yang telah diubah dan membantu Anda mengidentifikasi file yang berpotensi berbahaya.
  • Site Scanner: Pemeriksaan otomatis untuk mencari kerusakan pada file utama, plugin, dan tema digunakan.
  • Hide Login URL: Sembunyikan halaman URL login agar lebih sulit ditemukan oleh hacker.

3. Google Authenticator

plugin keamanan wordpress Google Authenticator

Plugin Google Authenticator adalah plugin yang membantu Anda untuk menambahkan autentikasi dua faktor ke halaman login Anda dengan metode Google Authenticator. Dengan menggunakan metode ini, saat Anda login ke halaman admin, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi login melalui aplikasi Google Authenticator di smartphone Anda.

Dengan menambahkan autentikasi dua faktor ke halaman login Anda, memastikan bahwa hanya pengguna resmi yang dapat mengakses halaman admin. Selain itu, plugin ini juga menyediakan fitur tambahan seperti pengujian kekuatan password dan pemblokiran alamat IP untuk lebih mengamankan website Anda.

4. All in One WP Security and Firewall

plugin keamanan wordpress All in One WP Security and Firewall

All in One WP Security and Firewall adalah plugin keamanan gratis dengan fitur terlengkap dan mudah digunakan. Plugin ini menyediakan fitur-fitur keamanan penting seperti firewall, perlindungan brute force, monitoring keamanan dll.

Lebih lanjut, plugin ini juga menyediakan notifikasi dan ranking untuk memudahkan Anda melakukan konfigurasi untuk meningkatkan keamanan website.

Beberapa fitur unggulan:

  • Firewall: Memberikan perlindungan otomatis dari ancaman keamanan
  • Hide login: Mengubah URL login default untuk mempersulit hacker atau bot melakukan serangan brute force.
  • Two-factor authentication: Fitur verifikasi ganda yang mendukung Google Authenticator, Microsoft Authenticator, Authy, dan lainnya.
  • File change detection: Mendeteksi perubahan file di WordPress Anda, memungkinkan Anda untuk menentukan apakah perubahan tersebut sah atau mencurigakan, sehingga dapat ditangani dengan cepat.
  • Copywriting protection: Menonaktifkan fungsi klik kanan, sehingga pengguna tidak dapat melakukan copy teks untuk menghindari pencurian konten.

5. WP Content Copy Protection

plugin keamanan wordpress WP Content Copy Protection

WP Content Copy Protection adalah plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk mencegah pencurian konten dari halaman website Anda. Plugin ini menonaktifkan fitur copy dan paste, sehingga dapat mencegah pengguna mengambil konten dan menyimpannya di website mereka.

Plugin ini juga bisa Anda gunakan untuk menentukan halaman atau posting mana saja yang harus dilindungi. Plugin WP Copy Protect sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula dan tidak akan mempengaruhi kecepatan atau merusak tampilan website Anda.

6. WPS Hide Login

plugin keamanan wordpress WPS Hide Login

WPS Hide Login adalah plugin yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan URL login standar dan menggantinya dengan URL yang lebih unik. URL login default WordPress sangat mudah ditemukan, hal ini membuatnya rentan dan dapat digunakan hacker untuk melakukan serangan.

Dengan menggunakan plugin ini, URL wp-admin dan halaman wp-login.php menjadi tidak dapat diakses. Jadi, setelah mengubah URL login, Anda harus menggunakan URL baru untuk masuk ke halaman admin. Pastikan untuk mengingat nama URL baru. Anda dapat mencatatnya secara offline jika diperlukan.

7. Limit Login Attempts Reloaded

plugin keamanan wordpress Limit Login Attempts Reloaded

Limit Login Attempts Reloaded adalah plugin yang membantu melindungi halaman login WordPress dari serangan brute force. Plugin ini membatasi jumlah percobaan login yang gagal dan memblokir IP pengguna tersebut.

Limit Login Attempts Reloaded juga memiliki fitur untuk memblokir IP yang dicurigai memiliki potensi untuk melakukan serangan.

8. Antispam Bee

plugin keamanan wordpress Antispam Bee

Antispam Bee adalah plugin yang bisa Anda gunakan untuk melindungi website dari komentar spam. Plugin ini bekerja dengan menganalisis dan memfilter komentar yang tidak memenuhi kriteria tertentu, seperti mengandung kata kunci tertentu, link, dan lainnya.

Antispam Bee bekerja memblokir komentar dan melacak spam, tanpa memerlukan captcha atau mengirim informasi pribadi ke layanan pihak ketiga.

Beberapa fitur unggulan:

  • Mengizinkan pengguna yang telah memberi komentar sebelumnya.
  • Mengizinkan komentar yang memiliki Gravatar.
  • Hanya izinkan komentar dalam bahasa tertentu.
  • Blokir atau izinkan pemberi komentar dari negara tertentu.
  • Memberikan laporan komentar spam yang diblokir.

9. WP Security Audit Log

plugin keamanan wordpress WP Security Audit Log

WP Activity Log adalah plugin untuk memantau dan mencatat setiap aktivitas yang terjadi di website Anda. Plugin ini membuat catatan tentang perubahan yang terjadi pada halaman, posting, plugin, dan pengaturan. Semua perubahan, baik yang dilakukan oleh pengguna maupun bot, akan dicatat secara detail.

Plugin ini dapat memberikan informasi ketika terjadi perubahan yang tidak diinginkan, sehingga memudahkan Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah dengan cepat di website WordPress Anda.

Beberapa fitur unggulan:

  • Mencatat jika terjadi perubahan pada postingan atau halaman seperti perubahan status, judul, URL dll.
  • Mencatat perubahan pengguna, seperti saat pengguna baru mendaftar, menghapus, atau mengubah datanya, seperti email atau kata sandi.
  • Mencatat perubahan yang terjadi pada inti dan pengaturan WordPress, seperti menginstal update, mengatur permalink, perubahan pengaturan, dan URL, dll.
  • Mencatat perubahan yang terjadi pada database yang dimodifikasi oleh plugin atau bot.

10. UpdraftPlus 

plugin keamanan wordpress UpdraftPlus 

UpdraftPlus adalah plugin yang memungkinkan Anda melakukan backup WordPress secara otomatis. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat menyimpan file backup website Anda di server atau penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan Amazon S3.

Meskipun UpdraftPlus secara teknis bukanlah plugin keamanan, tapi plugin ini sangat penting saat website mengalami serangan yang dapat merusak atau menyebabkan Anda mengalami kehilangan data. Dengan melakukan backup secara teratur, Anda dapat mengembalikan website dan semua data ke kondisi backup terakhirnya.

Tips Meningkatkan Keamanan WordPress

Selain menggunakan plugin, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda.

  • Selalu gunakan WordPress, tema dan plugin versi terbaru.
  • Gunakan nama pengguna yang unik, hindari menggunakan nama pengguna “admin”.
  • Gunakan password admin yang kuat. Password yang kuat harus terdiri dari kombinasi huruf, angka dan simbol.
  • Instal plugin keamanan yang menyediakan fitur firewall.
  • Hapus plugin yang tidak digunakan.
  • Atur jumlah percobaan login yang gagal.
  • Pastikan file dan folder memiliki permission yang benar.
  • Buat backup secara rutin dan simpan file backup di server yang berbeda seperti Google Drive, One Drive atau Dropbox.
  • Instal tema atau plugin dari pengembang resmi. Jangan tergoda untuk menggunakan tema dan plugin premium secara gratis atau dengan harga yang lebih murah dari harga resmi.

Memilih Plugin Keamanan Yang Tepat

Untuk memastikan website WordPress Anda aman, ada banyak komponen yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sulit untuk memilih satu plugin dan menyatakannya sebagai yang “terbaik” untuk semua kasus.

Namun sebagai contoh, berikut adalah plugin keamanan WordPress yang biasa saya gunakan untuk meningkatkan keamanan website yang saya buat.

  • All in One WP Security and Firewall: Saya gunakan fitur Firewall & Anti-Malware, mengamankan halaman login, mengganti prefix database, dan memantau perubahan file.
  • Antispam Bee: Mencegah spam di kolom komentar.
  • WP Security Audit Log: Melacak semua perubahan yang terjadi di WordPress.
  • UpdraftPlus: Melakukan backup semua file WordPress berupa data, gambar dan database.

Kesimpulan

Meningkatkan keamanan website WordPress Anda merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan meningkatnya jumlah serangan di internet dan usaha untuk melakukan hacking, penting untuk memastikan bahwa website Anda memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data Anda.

WordPress menyediakan berbagai macam plugin keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi website Anda dari serangan hacker. Namun, penting untuk memahami fungsi plugin keamanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Memasang terlalu banyak plugin keamanan bukanlah solusi yang baik, karena akan mempengaruhi kinerja website Anda.

Demikian artikel daftar plugin keamanan website WordPress, tips, rekomendasi pilihan plugin yang tepat. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya