fbpx

Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce: Masih Mau Pakai?

|

62 Dilihat
Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce
Website resmi WooCommerce

Salah satu opsi paling populer saat membuat e-commerce dengan WordPress adalah menggunakan plugin WooCommerce. Tidak hanya memiliki fitur toko yang lengkap, plugin ini juga dapat digunakan dengan mudah, bahkan untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman teknis yang dalam.

Tidak ada platform yang sempurna, hal itu juga berlaku untuk WooCommerce. WooCommerce juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan membuat e-commerce dengan platform ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan WooCommerce serta solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Yuk, simak pembahasan lengkapnya hingga selesai.

Apa itu WooCommerce?

Secara singkat, WooCommerce merupakan plugin yang digunakan untuk menambahkan fitur e-commerce di CMS WordPress. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu harus memiliki domain, hosting, dan melakukan instalasi WordPress.

Dengan menggunakan WooCommerce Anda dapat membuat toko online dan menjual berbagai macam jenis produk, layanan bahkan membuat pre-order. Plugin ini, memberikan Anda fitur untuk mengelola produk, menerapkan metode pembayaran, menambahkan opsi pengiriman, dan melihat laporan penjualan.

Kelebihan WooCommerce

Kelebihan WooCommerce dapat Anda lihat seperti berikut:

1. Gratis

Sama halnya seperti WordPress, WooCommerce adalah platform open source yang dapat Anda gunakan secara gratis. Ini artinya, Anda menggunakannya, mengubah kode, dan menambahkan fungsi tertentu dengan bebas.

2. Mendukung Banyak Jenis Produk

Anda bisa menggunakan WooCommerce untuk menjual berbagai jenis produk, baik produk fisik, digital, jasa, affiliated, dan tersedia juga fitur produk yang mendukung variasi seperti warna dan ukuran.

3. Mudah Digunakan

Desain halaman Admin WooCommerce sangat user-friendly, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola produk, transaksi, dan pelanggan dengan mudah. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan WordPress, mengelola toko dengan WooCommerce sama seperti membuat postingan artikel pada umumnya.

Selain itu, WooCommerce juga menyediakan tutorial yang lengkap dan dukungan komunitas yang besar untuk membantu pengguna menjalankan toko online mereka.

4. Banyak Pilihan Ekstensi

WooCommerce menyediakan banyak pilihan ekstensi yang dapat digunakan untuk memberikan fitur tambahan pada website e-commerce Anda. Jika fitur yang dibutuhkan tidak tersedia pada paket default WooCommerce, Anda dapat mencari ekstensi yang menyediakan fitur tersebut. Contoh ekstensi WooCommerce yang populer adalah packing slip, ongkos kirim, email marketing dan lain sebagainya.

5. Banyak Pilihan Tema

WooCommerce tidak hanya menyediakan ekstensi, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan tema yang dirancang khusus untuk plugin ini. Tema-tema ini tidak hanya menawarkan desain yang menarik, tetapi juga fitur-fitur tambahan yang dapat membantu memaksimalkan potensi toko online Anda.

Beberapa tema premium yang dikembangkan oleh developer Indonesia seperti Saudagar WP, CepatLakoo, dan LarisManis yang menawarkan fitur duplikasi demo website. Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan toko online tanpa harus memulai konfigurasi dari NOL.

Selain itu, tema-tema tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia seperti integrasi layanan ongkos kirim dan checkout via WhatsApp. Memilih tema yang tepat dapat membantu meningkatkan performa dan penjualan toko online Anda.

Rekomendasi Tema Premium WordPress

CepatLakoo

Rp. 399.000

LarisManis

Rp. 399.000

Saudagar WP

Rp. 340.000

5. Dapat diintegrasikan Dengan Layanan Pihak Ketiga

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, WooCommerce merupakan platform open-source yang dapat dengan bebas untuk dikembangkan. Hal ini sangat berguna bagi para developer bisa mengintegrasikan layanannya ke WooCommerce tanpa hambatan atau masalah dengan lisensi.

Beberapa layanan pihak ketiga yang mendukung WooCommerce, seperti MailChimp, Google Analytics, Facebook Pixel, Google Ads, PayPal, Midtrans, Tripay dan lain-lain.

6. SEO-Friendly

WordPress merupakan platform website yang populer dan terkenal sebagai platform yang SEO-Friendly. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki struktur coding yang bersih dan rapi serta kemampuan untuk mengoptimalkan tag meta, struktur URL, dan konten website.

Karena WooCommerce berjalan di atas platform WordPress, maka secara otomatis WooCommerce mewarisi fitur SEO yang dimiliki oleh WordPress. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan plugin SEO WordPress seperti Rank Math, Yoast, All in One SEO, dan sebagainya untuk meningkatkan kinerja SEO agar lebih optimal.

Kekurangan WooCommerce

Selain kelebihan WooCommerce juga memiliki kekurangan, kekurangan WooCommerce dapat Anda lihat seperti berikut:

1. Keterbatasan Metode Pengiriman

Tidak tersedianya metode pengiriman kurir Indonesia seperti JNE, POS, TIKI dan lain sebagainya dalah salah satu kekurangan utama WooCommerce . Metode pengiriman ini, sangat penting jika Anda berjualan produk fisik di wilayah Indonesia yang besar dan memiliki banyak tujuan pengiriman.

Untuk mengatasi masalah pengiriman, Anda bisa menambahkan layanan atau plugin ongkos kirim yang tersedia seperti ongkoskirim.id, pluginongkoskirim.com, biteship.com, rajaongkir.com, epeken.com atau layanan ongkos kirim lain yang mendukung WooCommerce.

2. Diperlukan Hosting Yang Kuat

Karena WooCommerce dibangun di atas platform WordPress, website toko online Anda membutuhkan banyak sumber daya agar berjalan dengan lancar. Pastikan hosting yang Anda gunakan memiliki memori yang cukup, dan koneksi internet yang stabil.

Salah satu layanan hosting yang bisa Anda gunakan adalah layanan dari IDCloudhost, layanan ini menawarkan hosting dengan spesifikasi tinggi dengan biaya yang hemat. Untuk awal, Anda bisa menggunakan paket Starter Pro 1 GB.

Dengan menggunakan ruang penyimpanan sebesar 1 GB, Anda dapat mengupload sekitar 100 produk ke dalam toko online WooCommerce Anda. Namun, jumlah ini tentunya dapat berbeda tergantung pada ukuran file atau gambar yang digunakan untuk setiap produk.

3. Memerlukan Pengetahuan Teknis

Meskipun WooCommerce sangat mudah digunakan, tapi tetap membutuhkan pengetahuan teknis seperti masalah hosting dan dasar konfigurasi WordPress. Anda mungkin perlu menyiapkan waktu lebih untuk membaca tutorial dan melakukan trial-error agar toko online Anda sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan tema-tema premium Indonesia seperti LarisManis, CepatLakoo atau Saudagar WP yang memberikan kemudahan dan dukungan support jika Anda mengalami kesulitan.

Alternatif WooCommerce

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan WooCommerce, mungkin Anda mencari alternatif sebagai perbandingan. Beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan untuk membuat e-commerce dapat dilihat seperti berikut:

Kesimpulan

WooCommerce adalah platform e-commerce yang populer dan dapat digunakan oleh berbagai jenis kebutuhan bisnis. Ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan WooCommerce.

Namun, dengan memilih plugin yang tepat, pengaturan yang benar, dan menggunakan hosting yang tepat, Anda dapat mengatasi kekurangan tersebut.

Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan toko online Anda dan memilih platform e-commerce yang tepat untuk bisnis Anda.

Nah, demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan WooCommerce. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

FAQ

Ya, WooCommerce dapat digunakan secara gratis. Walaupun begitu, mungkin Anda perlu menambahkan layanan berbayar seperti ongkos kirim untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak, WooCommerce mudah digunakan dengan catatan Anda harus menyediakan waktu untuk belajar dan melakukan trial-eror untuk mendapatkan racikan yang pas.

Kelebihan utama menggunakan WooCommerce adalah banyaknya plugin dan tema yang tersedia, mendukung berbagai metode pembayaran dan pengiriman, serta integrasi layanan pihak ketiga.

Kekurangan utama menggunakan WooCommerce adalah membutuhkan pengaturan yang tepat dan diperlukan keahlian teknis untuk melakukan kostumisasi agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya