fbpx
Plugins Tips

5 Plugin Toko Online WordPress Paling Populer

Membuat website saat ini sangatlah mudah walaupun Anda masih awan dengan dunia website. Dengan menggunakan WordPress, Anda tidak perlu mengerti masalah teknis maupun koding untuk membangun sebuah sebuah website untuk keperluan bisnis.

Jika Anda belum melakukan instalasi WordPress silakan ikuti Panduan instalasi WordPress untuk pemula.

Walaupun pada awalnya ditujukan untuk kebutuhan website blog, saat ini WordPress sudah bisa digunakan untuk berbagai jenis website salah satunya website toko online. Untuk membuat toko online dengan menggunakan WordPress, Anda perlu menambahkan plugin yang menyediakan fitur tersebut.

Dalam artikel ini, saya akan tunjukan beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur toko online di website WordPress Anda. Yuk, simak hingga selesai!

Rekomendasi Plugin Toko Online WordPress

Berikut beberapa plugin toko online WordPress yang bisa membantu Anda memiliki toko online dengan praktis.

1. WooCommerce

plugin toko online wordpress woocommerce

WooCommerce

Gratis

WooCommerce merupakan plugin toko online WordPress paling populer yang telah digunakan oleh 5jt+ pengguna aktif. Plugin toko online WordPress yang satu ini dikembangkan oleh tim Automattic, tim yang juga terlibat mengembangkan CMS WordPress itu sendiri.

WooCommerce menyediakan fitur lengkap mulai dari pembayaran, dan intergrasi layanan pengiriman dengan menggunakan expedisi Indonesia seperti JNE, Tiki, POS dll.

Dengan menggunakan WooCommerce Anda dapat berjualan berbagai macam jenis produk seperti produk fisik, digital, afiliate, maupun jasa.

Kelebihan:

  • Fitur lengkap mulai dari produk, pesanan, kupon, hingga laporan penjualan.
  • Bisa digunakan untuk berjualan produk fisik, digital, jasa, dan affliate
  • Tersedia banyak dukungan plugin pendukung
  • Dukungan layanan pihak ketiga
  • Tesedia banyak dukungan tema gratis maupun premium.

Kekurangan:

  • Perlu melakukan tambahan plugin untuk layanan ongkos kirim Indonesia

2. Easy Digital Download (EDD)

plugin toko online wordpress easy digital download

Easy Digital Download

Gratis

Bagi Anda yang ingin berjualan produk digital, plugin toko online WordPress yang satu sangatlah cocok untuk kebutuhan tersebut. Dengan menggunakan plugin Easy Digital Download, produk digital Anda akan terlindungi, jadi hanya orang-orang yang telah melakukan pembelian saja yang dapat mengakses produk yang Anda jual.

Selain mudah digunakan, plugin Easy Digital Download menyediakan banyak pilihan addon baik yang gratis maupun berbayar. Dengan addon yang tersedia Anda dapat menambahkan fitur lain seperti fitur affiliasi, lisensi, pembatasan konten dll.

Kelebihan:

  • Simple dan mudah digunakan
  • Cocok untuk berjualan produk digital seperti ebook, template, desain dll
  • Tersedia banyak addon untuk menambahkan fitur

Kekurangan:

  • Hanya mendukung produk digital

3. Sejoli Plugin

plugin toko online wordpress sejoli

Sejoli

Harga Rp 549.000

Sejoli merupakan plugin toko online WordPress buatan anak bangsa, memiliki fitur yang cukup lengkap dan pastinya telah disesuaikan dengan kebutuhan market Indonesia.

Dengan menggunakan plugin Sejoli, Anda akan memiliki toko online WordPress yang dilengkapi dengan fitur affiliate, membership dan sistem donasi tanpa harus menambahkan addon tambahan lagi.

Kelebihan:

  • Dapat digunakan untuk produk fisik, digital dan jasa
  • Sudah tersedia fitur affliate, membership, dan donasi
  • Terintergrasi dengan layanan ongkos kirim.
  • Support berbagai macam metode pembayaran
  • Bisa digunakan untuk menambahkan fitur affiliate di WooCommerce

Kekurangan:

  • Tidak memiliki sistem keranjang belanja, jadi pelanggan hanya bisa melakukan pembelian satu produk untuk setiap transaksi.

4. Ecwid

plugin toko online wordpress Ecwid

Ecwid

Gratis

Ecwid merupakan layanan platform toko online yang memungkinkan Anda membuat dan mengelola toko online dengan mudah. Ecwid juga menyediakan integrasi dengan berbagai platform seperti WordPress, Facebook, dan Instagram, sehingga Anda dapat menjual produk Anda di berbagai tempat.

Layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis tapi tentunya ada batasan seperti jumlah produk, untuk mendapatkan fitur yang lengkap Anda butuh melakukan upgrade ke versi premium dengan harga $15 hingga $99 per bulannya.

5. Salesloo

plugin toko online wordpress salesloo

Salesloo

Harga Rp 499.000

Salesloo merupakan plugin toko online WordPress buatan Indonesia yang fokus untuk menjual produk digital. Salesloo memiliki fitur yang lengkap mulai dari membership, affiliate, lisensi dan fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk berjualan produk digital.

Fitur yang Anda dapatkan menggunakan Salesloo sebagai berikut:

  • Sistem membership, cocok untuk berjualan kelas online
  • Sistem lisensi, cocok untuk proteksi produk digital seperti tema dan plugin.
  • Sistem Affiliate
  • Notifikasi email dan WhatsApp

Kesimpulan

Beberapa plugin toko online untuk WordPress populer yang bisa Anda gunakan. Setiap plugin memiliki kekurangan dan kelebihan, Jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Demikian daftar plugin toko online untuk WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.