fbpx

WooCommerce: Plugin Toko Online WordPress Terbaik

|

10 Dilihat

Apakah Anda ingin membuat sebuah toko online WordPress? Saat ini membuat toko online sangatlah mudah, kombinasi WordPress dan tambahan plugin WooCommerce Anda dapat membuat toko online walaupun tidak mengerti masalah koding.

WooCommerce merupakan plugin toko online WordPress yang digunakan lebih dari 25% toko online di seluruh dunia. Jumlah ini terus bertambah karena kemudahan, fleksibel dan mendukung dengan banyak tema dan plugin.

Apa itu WooCommerce?

Install plugin WooCommerce
Instal plugin WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin toko online WordPress paling populer yang membantu Anda membuat toko online dengan mudah. Plugin ini bisa Anda install dan gunakan secara gratis langsung dari halaman admin.

WooCommerce memungkinkan Anda menjual berbagai macam jenis produk mulai dari produk fisik, produk digital, jasa atau produk affiliate. Fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap, dengan menggunakan plugin ini Anda dapat mengelola produk, pajak, menerima berbagai macam metode pembayaran.

Kelebihan WooCommerce

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa WooCommerce menjadi sangat populer dan banyak digunakan:

  • Gratis, WooCommerce 100% gratis dan dapat Anda install langsung dari halaman admin
  • Mendukung berbagai macam jenis produk mulai dari produk fisik, produk digital, jasa, dan produk afiliasi.
  • Mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekaligus.
  • Fitur toko lengkap
  • Tersedia banyak dukunngan plugin dan tema
  • Terintegrasi dengan banyak layanan seperti pembayaran dan pengiriman.
  • Komunitas besar, tersedia banyak tutorial

Kekurangan WooCommerce

Dibalik semua kelebihan yang ditawarkan, sebagai sebuah plugin toko online WordPress, WooCommerce juga memiliki kekurangan. Terlebih jika target market Anda adalah wilayah Indonesia.

Wilayah Indonesia yang sangat luas dan kebiasaan pelanggan yang masih menggunakan metode pembayaran Transfer Bank manul menjadi kendala tersendiri untuk memulai toko online yang seharusnya semua proses sudah berjalan otomatis.

Berikut daftar kekurangan WooCommerce:

  • Tidak mendukung metode pengiriman kurir untuk wilayah Indonesia
  • Flat shipping dan Free shipping hanya sampai ke level provinsi
  • Jika mengalami kesulitan Anda hanya bisa menggunakan forum terkait untuk memecahkan masalah.

Tapi, Anda tidak perlu kuatir, kekurangan tersebut bisa Anda atasi dengan menambahkan plugin yang telah disediakan developer lokal. 

Fitur WooCommerce

Mengelola Produk

Preview manajemen produk
Tampilan halaman produk

Dengan menggunakan WooCommerce Anda dapat dengan mudah menambahkan produk, melakukan editing, dan menghapus produk yang tidak dibutuhkan.

Fitur Produk:

  • Produk Digital atau Jasa – Anda dapat berjualan produk digital dan jasa, file download akan dikirim ke alamat email pelanggan dan tersedia juga di member area.
  • Variasi Produk – Anda dapat menambahkan produk dengan variasi, contohnya sebuah baju dengan berbagai macam ukuran dan warna.
  • Manajemen Stok – Anda dapat terus memantau jumlah stok yang tersedia, jumlah stok akan otomatis berkurang jika pesanan pelanggan telah selesai.

Mengolah Pesanan

WooCommerce Order
Daftar pesanan WooCommerce

Dengan menggunakan WooCommerce semua data pesanan yang Anda terima dari halaman checkout akan tersimpan rapi dalam sebuah database. Anda dapat mengelola pesanan langsung dari halaman admin.

Pada halaman kelola pesanan, Anda dapat membuat pesanan secara manual, memproses pesanan, membatalkan pesanan, atau melakukan follow up pesanan yang belum dibayar.

Membuat Kode Kupon

Membuat kupon WooCommerce
Membuat kupon WooCommerce

Berikan pelanggan kupon dengan jumlah tetap, persentasi atau tawaran khusus seperti gratis ongkos kirim. Tawarkan kupon untuk satu transaksi atau produk tertentu.

Metode Pembayaran

Payment WooCommerce
Metode pembayaran WooCommerce

Secara default WooCommerce menyediakan metode pembayaran Transfer Bank, COD, Check Payment. Selain itu Anda juga dapat menambahkan payment gateway Indonesia sperti iPaymu, Midtrans, atau Tripay.

Dengan menggunakan layanan payment gateway toko anda dapat menerima pembayaran lewat Virtual Account yang mendukung semua bank Indonesia (Mandiri, BNI, BRI, BSI), minimarket (Indomaret, Alfamart), dompet digital (OVO, DANA) atau lewat metode QRIS.

Metode Pengiriman

plugin ongkos kirim ongkoskirim.id
Plugin Ongkoskirim.id

WooCommerce menyediakan pilihan metode pengiriman:

  • Flat Rate Shipping, Anda menambahkan ongkir secara manual berdasarkan provinsi. Contohnya biaya kirim ke Jawa Timur Rp 10.000 dan biaya kirim ke Jakarta Rp. 20.000
  • Free Shipping, Anda bisa memberikan gratis ongkos kirim ke semua wilayah Indonesia atau beberapa provinsi saja.
  • Local Pickup, memungkinkan pelanggan untuk mengambil pesanan sendiri langsung ke toko offline.

Laporan Penjualan

Report WooCommerce
Laporan penjualan WooCommerce

Laporan Penjualan di WooCommerce memberi Anda kemampuan untuk melihat kinerja toko Anda dari bulan ke bulan menggunakan grafik dan statistik. Ini memiliki empat bagian: Pesanan, Pelanggan, Stok, dan Pajak

Mulai Menggunakan WooCommerce

Domain dan Hosting

Seperti layaknya sebuah Website, Anda membutuhkan domain dan hosting untuk mulai menggunakan WooCommerce.

Secara sederhana domain merupakan nama atau alamat website Anda yang akan tertulis pada url browser. Sedangkan hosting adalah tempat Anda menyimpan file-file website Anda seperti gambar, video dan konten.

Domain dan hosting dapat dibeli di penyedia layanan hosting seperti niagahoster, idcloudhost, dan dewaweb. Sebelum melakukan pembelian hosting pastikan penyedia layanan menyediakan layanan 24 jam baik melalui media chat atau tiket sistem. Jadi, bila terjadi masalah, Anda akan segera mendapatkan bantuan.

Instal WordPress

Karena WooCommerce merupakan plugin toko online WordPress, tentunya Anda wajib melakukan instalasi WordPress terlebih dahulu.

Jika Anda menggunakan layanan hosting seperti Niagahoster, biasanya telah tersedia tools instalasi WordPress di member area atau cpanel untuk memudahkan Anda. Lihat cara instalasi WordPress dari cpanel.

Instal WooCommerce

Sebelum melakukan instalasi WooCommerce, pastikan WordPress telah terinstall di hosting Anda. Jika Anda belum melakukan instalasi WordPress, silahkan ikuti panduan cara instalasi WordPress terlebih dahulu.

Jika WordPress sudah terinstal, Anda bisa langsung melakukan instalasi WooCommerce dari halaman plugin.

Untuk melakukan instalasi WooCommerce, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Pada kolom pencarian ketikan “woocommerce”
  3. Klik Install Now dan aktifkan.
Install plugin toko online WordPress
Install plugin WooCommerce

Instal Tema

Banyak sekali tema-tema yang mendukung WooCommerce, mulai dari tema gratisan maupun tema premium. Pilih tema-tema WordPress yang dibuat khusus untuk WooCommerce atau eCommerce untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan instalasi tema di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Appearance > Themes
  2. Klik Add New
  3. Pilih tema-tema yang mendukung WooCommerce, klik Detail & Preview untuk melihat dukungan tema ke plugin WooCommerce
  4. Klik Install dan aktifkan
Instal Tema WordPress
Instal Tema WordPress

Selain tema gratis Anda juga dapat menggunakan pilihan tema Premium yang dibuat khusus untuk WooCommerce seperti tema dari themeforest.net. Di themeforest ada 1000 lebih pilihan tema WooCommerce yang bisa Anda gunakan.

WooCommerce theme
Premium WooCommerce Theme

Anda juga dapat mencoba tema buatan lokal seperti Saudagar WP, selain harga yang lebih murah, tema ini juga telah disesuaikan untuk kebutuhan market Indonesia.

WooCommerce Plugins

plugin WooCommerce
WooCommerce plugin

Dengan menggunakan WooCommerce sebenarnya sangatlah cukup untuk memulai berjualan online. Tapi kebutuhan toko setiap penjual pasti berbeda-beda, jika Anda membutuhkan fitur lebih dari yang default, Anda bisa menambahkan plugin yang mendukung WooCommerce.

plugin woocommece codecanyon
Plugin WooCommerce di CodeCanyon

Jika Anda mencari plugin WooCommerce di codecanyon.net, Anda akan menemukan 3000 an lebih plugin yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. codecanyon.net sendiri merupakan marketplace terbesar penyedia plugin WordPress Premium.

Selain dari halaman plugin resmi WordPress dan codecanyon.net, Anda juga dapat menggunakan plugin-plugin dari developer lainnya untuk melengkapi toko online WordPress Anda.

Berikut daftar plugin dan fungsinya yang bisa Anda gunakan:

Kesimpulan

Saat berada pada bagian kesimpulan ini artinya Anda telah selesai membaca dan mulai memahami apa itu WooCommerce, benarkan? WooCommerce merupakan plugin toko online WordPress Gratis yang bisa Anda coba untuk memulai Go Digital.

Jika Anda bingung memulai dari mana? Anda bisa membaca tutorial langkah – langkah membuat toko online WordPress untuk pemula yang telah Saya buat sebelumnya.

Mulai bergabung dengan komunitas WordPress seperti di grup Facebook atau Telegram, sehingga Anda dapat berdiskusi jika mengalami kendala.

Rekomendasi Tema Premium WordPress

Selain menggunakan tema WooCommerce gratis, Anda juga dapat menggunakan tema premium seperti Saudagar WP, LarisManis, atau CepatLakoo. Tema-tema ini menyediakan fasilitas import demo yang memudahkan Anda mendapatkan website yang siap pakai dengan cepat.

Tampilan website cepatlakoo

CepatLakoo

Rp. 399.000

Tampilan website larismanis

LarisManis

Rp. 399.000

Template toko online saudagarwp

Saudagar WP

Rp. 340.000

Demikian artikel tentang pengenalan plugin WooCommerce. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya