fbpx

Cara Install Plugin WordPress

WordPress menyediakan banyak pilihan plugin yang bisa Anda instal langsung dari WP repository atau halaman admin. Sebuah plugin berfungsi menambahkan fitur atau fungsi tertentu, contohnya jika Anda ingin menambahkan fasilitas SEO atau Toko Online.

Tutorial berikut akan membahas cara install plugin WordPress dari halaman admin secara otomatis maupun secara manual dengan cara upload.

Apa itu Plugin WordPress? #

Plugin WordPress adalah kode yang dapat ditambahkan ke website Anda untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru. Plugin dapat membantu Anda menyesuaikan tampilan dan fungsi website Anda, meningkatkan SEO, menambahkan widget, dan banyak lagi.

Install Plugin WordPress dari Dashboard Repository #

Untuk instalasi plugin WordPress dari halaman admin silakan ikuti langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Cari plugin yang ingin digunakan atau gunakan kolom pencarian untuk menemukan plugin
  3. Klik Install Now
  4. Klik Active Plugin
Install WordPress plugin
Install WordPress plugin

Instal Plugin WordPress Manual (File ZIP) #

Cara lain menginstal plugin di WordPress adalah dengan mengupload plugin secara manual, biasanya cara ini digunakan untuk plugin – plugin premium yang Anda dapatkan dari developer.

Tips

Pastikan plugin yang Anda instal didapatkan dari developer resminya, plugin premium yang bisa Anda download secara gratis melalui website tidak resmi biasanya mengadung virus yang dapat merugikan atau merusak website Anda nantinya.

Untuk menginstal plugin WordPress secara manual silakan ikuti langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Klik Upload Plugin
  3. Klik Browse dan cari plugin yang ingin diupload
  4. Klik Install Now
  5. Klik Active Plugin
Upload plugin
Aktifkan plugin

Kesimpulan #

Sebelum melakukan instalasi plugin, pastikan Anda benar-benar tahu fungsi dari plugin tersebut. Instal plugin yang benar-benar dibutuhkan dan pastikan plugin tersebut masih mendukung versi WordPress yang Anda gunakan.

Demikian tutorial cara install plugin WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tentang tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Powered by BetterDocs

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.