fbpx

Cara Membuat Blog di WordPress Step by Step – Pemula

|

10 Dilihat

Cara membuat blog di WordPress sebenarnya cukup mudah, karena WordPress sendiri menyediakan ribuan tema dan plugin yang bisa Anda gunakan.

Sebelum membaca artikel ini sampai selesai, perlu diperhatikan ada 2 jenis WordPress yang Anda temukan, wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress.com adalah platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat website atau blog. Anda hanya perlu mendaftar tanpa harus memiliki domain dan hosting. Sayangnnya, WordPress.com membatasi Anda untuk melakukan instalasi tema dan plugin. Anda harus membayar untuk mendapatkan fitur tambahan seperti domain custom yang bisa dibilang harganya tidaklah murah.

Sedangkan

WordPress.org adalah platform yang menyediakan CMS WordPress, yang bisa Anda download secara gratis untuk diinstal di server Anda sendiri. Dengan WordPress.org, Anda memiliki kebebasan untuk menginstal plugin dan tema yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Baca juga: Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang wajib Anda pahami.

Nah, pada artikel kita akan membuat blog dengan menggunakan CMS dari wordpress.org.

Langkah Membuat Blog di WordPress

1. Membeli Domain & Hosting

Untuk membuat blog di WordPress, pertama-tama Anda perlu memiliki domain dan hosting. Secara singkat domain merupakan alamat url yang digunakan untuk mengujungi website sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan website Anda seperti gambar dan text.

Domain dan hosting dapat Anda beli dipenyedia layanan hosting seperti:

2. Instal WordPress

Setelah proses instalasi WordPress selesai, ikuti tutorial berikut secara bertahap:

3. Instal Tema

Tema WordPress adalah berfungsi mengatur desain dan fitur-fitur dari sebuah website atau blog yang dibuat menggunakan WordPress. Tema WordPress mencakup seluruh elemen desain seperti layout, warna, font, gambar, dan sebagainya.

Untuk instalasi tema:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Appreance > Themes
  2. Klik tombol Add New
  3. Cari tema sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Klik Install

Karena saat ini Anda ingin membuat blog di WordPress, silakan pilih tema-tema yang dibuat khusus untuk keperluan blogging atau berita.

Baca juga: Rekomendasi tema untuk website blog dan berita

4. Instal Plugin

Plugin WordPress berfungsi untuk menambahkan fitur dan fungsi baru pada website atau blog yang dibuat menggunakan WordPress. Plugin WordPress dapat melakukan beragam hal, mulai dari menambahkan komentar, optimasi SEO, hingga menambahkan fitur e-commerce pada WordPress.

Plugin WordPress dapat diunduh dan diinstal melalui halaman admin atau dibeli dari toko plugin WordPress.

Rekomendasi plugin membuat blog di WordPress:

  • Rank Math – Plugin ini membantu Anda meningkatkan optimasi SEO pada blog Anda
  • Akismet – Plugin ini membantu mengurangi spam pada komentar blog Anda.
  • Contact Form 7 – Plugin untuk membuat formulir kontak yang bisa ditambahkan ke blog Anda.
  • Pretty Links – Plugin untuk mempersingkat url, cocok digunakan untuk menyembunyikan link affiliate

Baca juga: Rekomendasi plugin WordPress untuk blogging

Selain plugin diatas, Anda juga dapat mencari plugin WordPress lain yang sesuai dengan kebutuhan blog Anda di developer pihak ketiga seperti codecanyon.

Baca Juga:

5. Menambahkan Artikel

membuat post di wordpress
Membuat post di WordPress

Karena saat ini Anda sedang membangun website blog, artikel merupakan bahan bakar website Anda agar website Anda ramai dikunjungi.

Silakan ikuti tutorial menambahkan artikel di WordPress

6. Menambahkan Halaman

pages di wordpress
Membuat halaman di WordPress

Halaman di WordPress berfungsi untuk memberikan informasi yang bersifat tetap atau memiliki durasi yang lama. Halaman yang biasanya disediakan untuk website blog:

  1. Halaman Home – bisa Anda gunakan untuk menampilkan artikel terbaru, artikel populer atau artikel bedasarkan kategori tertentu.
  2. Halaman Blog – Halaman yang menampilkan artikel terbaru
  3. Halaman About Us – Bisa Anda gunakan untuk memberikan informasi tentang profile perusahaan, website atau informasi penulis jika Anda menggunakan sebagai blog pribadi.
  4. Halaman Contact Us – Bisa Anda gunakan untuk membuat fomulir kontak, menampilkan alamat email, no telp yang berfungsi untuk memudahkan pengujung menghubungi Anda.

Silakan baca tutorial membuat halaman di WordPress.

Perlu dicatat, secara default WordPress akan menampilkan artikel terbaru di halaman home, Silakan ikuti tutorial membuat halaman home, jika Anda ingin menampilkan konten yang berbeda saat pengunjung membuka blog WordPress Anda.

7. Mengatur Menu

website wordpress org
Menu halaman di wordpress.org

Fungsi menu di WordPress adalah untuk menyediakan navigasi bagi pengunjung website Anda. Menu menampilkan daftar item yang dapat diklik pengunjung untuk menavigasi ke halaman, artikel, kategori, atau tautan lain yang terkait dengan website Anda.

Dengan menggunakan menu, pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari seperti halaman kontak, tentang kami, atau produk yang dijual di website Anda.

Ikuti tutorial membuat menu di WordPress

8. Optimasi SEO

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimasi, sesuai namanya tujuan utama adalah melakukan optimasi agar website Anda tampil dihalaman pertama dan ditemukan oleh pengunjung yang tepat bedasarkan kata kunci pencarian tertentu.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan SEO pada WordPress adalah menginstal plugin SEO.

Beberapa plugin yang Bisa Anda gunakan untuk optimasi SEO WordPress:

Tutorial untuk optimasi SEO WordPress: Mendaftarkan website ke Google

9. Atur Backup Otomatis

Tidak ada sistem yang aman 100%, ya semua pakar teknologi setuju dengan hal itu. Oleh karena itu selalu lakukan backup berkala website WordPress Anda.

Point penting saat melakukan backup:

  • Buat backup secara otomatis, setting backup database harian dan backup konten gambar mingguan.
  • Simpan file backup diserver yang berbeda, Anda bisa menggunakan Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.

Silakan ikuti: Tutorial backup WordPress otomatis.

Kesimpulan

Membuat blog dengan WordPress merupakan hal yang mudah, terlebih jika Anda menggunakan tema Premium seperti Diksia, Anda dapat langsung mendapatkan tampilan website seperti demo yang telah disediakan.

WordPress hanya sebuah tools untuk memudahkan Anda membuat website blog, kunci utama blog Anda mendapatkan trafik yang banyak adalah menulis artikel yang menarik sesuai dengan keyword yang Anda targetkan.

Demikian tutorial cara blog di WordPress untuk pemula, jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan tutorial ini silakan tuliskan di kolom komentar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya