fbpx

Cara Reset WordPress Ke Pengaturan Awal

Updated on 22 Mei 2024

|

297 Dilihat
Plugin WP Reset

Apa Itu Reset Ulang WordPress?

Reset WordPress adalah proses mengembalikan situs web WordPress ke kondisi default seperti saat pertama kali diinstall. Reset ulang WordPress akan menghapus semua data yang ada di situs web, termasuk postingan, halaman, komentar, media, kategori, tag, dan setelan lainnya.

Setelah reset ulang, situs web Anda akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali diinstall, dan Anda bisa mulai mengatur ulang situs web Anda sesuai keinginan Anda.

Reset ulang WordPress dapat menjadi solusi jika Anda mengalami masalah teknis atau ingin mengubah desain atau struktur situs web Anda.

Melakukan reset ulang WordPress akan menghapus semua data yang ada di situs web Anda, jadi pastikan Anda sudah melakuakn backup sebelum melakukan aksi ini.

Kenapa Melakukan Reset Ulang?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mereset WordPress ke kondisi default. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menghapus data yang tidak diinginkan: Jika Anda mengalami masalah dengan situs web Anda seperti spam, konten yang tidak sesuai, atau data yang rusak, sehingga Anda bisa memulai dari awal dengan data yang bersih dan baru.
  • Mengatasi masalah teknis: Jika situs web Anda mengalami masalah teknis seperti error, lambat, atau tidak bisa diakses. Reset WordPress akan menghapus semua plugin, tema, dan setelan yang mungkin menyebabkan masalah, sehingga situs web Anda kembali ke kondisi default seperti saat pertama kali diinstall.
  • Mengubah desain atau struktur situs web: Reset WordPress juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengubah desain atau struktur situs web Anda

Cara Melakukan Reset WordPress?

Untuk mereset WordPress ke kondisi default, Anda bisa menggunakan plugin WordPress Reset. Plugin ini akan menghapus semua data, termasuk postingan, halaman, komentar, media, kategori, tag, dan setelan lainnya, sehingga situs web Anda kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali diinstall.

Untuk menggunakan plugin WordPress Reset, pertama-tama Anda perlu menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut di dasbor WordPress Anda.

Instal Plugin WP Reset

Instal plugin reset wordpress
Instal plugin Reset WordPress

Untuk install plugin WP Reset, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New.
  2. Pada kolom pencarian ketikan “WP Reset”.
  3. Klik Install Now kemudian aktifkan pada plugin WP Reset.

Reset WordPress ke Pengaturan Awal

Setelah plugin WordPress Reset terinstal dan diaktifkan, Anda bisa mereset WordPress Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Tools > WordPress Reset.
  2. Pada bagian Site Reset, ketikan “reset” kemudian klik Reset Site.
  3. Setelah proses reset selesai, Anda akan diminta untuk login kembali ke dasbor WordPress Anda menggunakan username dan password.
  4. Setelah login, Anda bisa memulai mengatur ulang situs web Anda sesuai keinginan Anda.

Kesimpulan

Perlu dicatat, melakukan reset WordPress akan menghapus semua data yang ada di situs web Anda seperti artikel, halaman, komentar, dan media. Pastikan untuk membackup data Anda sebelum mereset WordPress agar Anda tidak kehilangan data penting.

Jika Anda tidak yakin tentang cara mereset WordPress, sebaiknya mintalah bantuan dari orang yang lebih berpengalaman atau hubungi layanan dukungan WordPress untuk bantuan lebih lanjut.

Demikian tutorial reset WordPress dengan plugin WP Reset. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tetang tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *