fbpx

Mengatasi Kecamatan Tidak Muncul WooCommerce

Updated on 30 Desember 2023

|

188 Dilihat

Secara default, WooCommerce tidak menyertakan kolom kecamatan pada halaman checkout. Biasanya, kolom kecamatan ditambahkan oleh plugin layanan ongkos kirim.

Jika Anda sudah menggunakan plugin ongkos kirim, tapi menemukan kolom kecamatan yang seharusnya tersedia di halaman checkout WooCommerce ternyata tidak tampil. Kemungkinan ada beberapa faktor dapat menjadi penyebab permasalahan ini.

Beberapa faktor yang menyebabkan kecamatan tidak tampil di halaman checkout WooCommerce antara lain seperti berikut:

  1. Menggunakan fitur Checkout versi beta dari WooCommerce.
  2. Bentrok dengan tema yang digunakan.
  3. Bentrok antar plugin.
  4. Menggunakan lebih dari satu plugin ongkos kirim.

Setelah mengetahui apa saja yang terjadi sehingga kolom kecamatan di WooCommerce tidak tampil, sekarang saatnya untuk hal tersebut.

Menggunakan Fitur Checkout versi Beta dari WooCommerce

Pertama dan saat ini terjadi adalah toko online Anda sedang menggunakan fitur checkout menggunakan versi Beta dari WooCommerce. Karena masih beta, banyak plugin ongkos kirim, metode pembayaran, checkout editor dan plugin yang berhubungan dengan halaman checkout belum mendukung fitur tersebut.

Solusinya, gunakan fitur checkout WooCommerce versi shortcode. Untuk mengembalikan fitur checkout WooCommerce ke versi shortcode, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Dari Halaman Admin > Pages, kemudian cari halaman Checkout.
  2. Klik edit, kemudian hapus semua konten yang ada.
  3. Masukan shortcode berikut [woocommerce_checkout]
  4. Klik Update untuk menyimpan perubahan.
Edit halaman checkout
Shortcode di block editor
Checkout di Classic Editor

Bentrok Dengan Tema Yang Sedang Digunakan

Silakan ganti tema yang Anda gunakan dengan tema default WordPress atau bisa juga dengan tema Store Front dari WooCommerce sendiri.

Setelah mengganti tema, periksa kembali apakah kolom kecamatan di halaman checkout. Jika kolom kecamatan di WooCommerce berfungsi setelah menggunakan tema Store Front, maka solusi saat ini adalah memperbaiki tema yang digunakan agar sesuai standard dari WooCommerce.

Atau…

Solusi lain adalah ganti menggunakan tema lain jika ingin tetap menggunakan plugin ongkos kirim tersebut.

Bentrok Dengan Plugin Lain.

Jika tema sudah diganti dengan menggunakan tema Store Front tapi kolom kecamatan tetap tidak tampil, kemungkinan kedua bisa jadi betrok dengan plugin lain.

Untuk mengatasinya, silakan nonaktifkan semua plugin kecuali WooCommerce dan plugin ongkos kirim yang sedang digunakan.

Jika langkah ini berhasil, silakan aktifkan satu-persatu plugin kembali untuk mengetahui plugin mana yang bermasalah.

Menggunakan Lebih Dari Satu Plugin Ongkos Kirim.

Masing-masing plugin ongkos kirim akan melakukan modifikasi halaman checkout default WooCommerce. Hal, ini akan menjadi masalah jika dilakukan oleh 2 plugin yang berbeda.

Solusinya, silakan nonaktifkan salah satu plugin ongkos kirim yang Anda gunakan. Pilih plugin ongkos kirim yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Secara umum, jangan menggunakan lebih dari satu plugin di WordPress dengan fitur yang sama. Contoh lain untuk kebutuhan SEO, jangan menggunakan plugin Yoast SEO dan Rank Math.

Kesimpulan

Demikian panduan cara mengatasi kolom kecamatan di WooCommerce tidak muncul. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tapi kolom kecamatan tetap tidak muncul, silakan hubungi developer plugin ongkos kirim yang Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *