fbpx

Cara Install WooCommerce di WordPress

Updated on 21 Januari 2023

|

15 Dilihat
Plugin WooCommerce
Plugin WooCommerce

Sedang mencari tutorial install WooCommerce di WordPress yang lengkap? jika iya, maka Anda telah berada ditempat yang tepat. Pada tutorial kali ini, kita akan belajar bagaimana cara instalasi WooCommerce dan melakukan settingan dasar yang dibutuhkan.

Langkah pertama untuk membuat Website di WordPress adalah menginstal plugin WooCommerce. Jika Anda belum familiar dengan WooCommerce silakan lihat artikel pengenalan WooCommerce, fitur dan kelebihan yang dimiliki terlebih dahulu.

Yuk simak tutorial ini sampai selesai!

Klik link pada masing-masing bagian untuk melihat tutorial settingan lainnya.

Install WooCommerce di WordPress

Untuk instalasi WooCommerce, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Pada kolom pencarian ketikan “woocommerce”
  3. Pilih plugin WooCommerce
  4. Klik Install Now dan aktifkan.
Install plugin WooCommerce di wordpress
Install plugin WooCommerce

Setting WooCommerce

Setelah proses instalasi selesai, lanjut ke pengaturan WooCommerce. Untuk membuka halaman pengaturan WooCommerce silakan klik menu WooCommerce > Settings.

Pengaturan Umum

general setting woocommerce
Pengaturan umum di WooCommerce

Hal pertanya yang perlu di setting di bagian tab General. Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan alamat toko, target market penjualan, pengaturan mata uang dll.

Menambahkan Metode Pembayaran

Pengaturan pembayaran di WooCommerce
Pengaturan pembayaran di WooCommerce

Woocommerce menyediakan berbagai pilihan pembayaran kepada pelanggan Anda, termasuk transfer bank, Cash on delivery (COD), PayPal, dan integrasi dengan payment gateway Indonesia seperti Midtrans, Duitku, Tripay dan lainnya.

Menambahkan Metode Pengiriman

Pengaturan metode pengiriman di WooCommerce
Pengaturan metode pengiriman di WooCommerce

Woocommerce menyediakan berbagai pilihan pengiriman seperti ongkir dengan expedisi Indonesia, ongkos kirim tetap, dan pengambilan pesanan di toko. Anda juga dapat menambahkan pilihan pengiriman ojek online dengan menggunakan plugin tambahan seperti Epeken Ojek Online atau Bitship.

Mengatur Akun Pelanggan

Pengaturan akun pelanggan di WooCommerce
Pengaturan akun pelanggan di WooCommerce

Di WooCommerce, Anda dapat mengatur bagaimana pelanggan melakukan pembelian dan mengelolah akun mereka. Pada bagian akun Anda dapat mengaktifkan opsi pendaftaran akun, mengizinkan pembelian tanpa akun dan mengatur aktifas member di halaman akun.

Mengatur Email Notifikasi

Pengaturan email notifikasi di WooCommerce
Pengaturan email notifikasi di WooCommerce

WooCommerce akan mengirimakan notifikasi berupa email ke admin dan pelanggan untuk setiap aksi yang terjadi. Pada bagian pengaturan email, Anda dapat mengatur alamat email admin, template email yang dikirim, dan identitas email seperti subject dan copyright.

Penutup

Dengan menggunakan WooCommerce, Anda dapat mengoptimalkan toko online Anda dengan fitur lengkap yang tersedia. Pastikan untuk melakukan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan toko Anda. Jangan lupa untuk mengecek tutorial kami pada kategori WooCommerce untuk tutorial lain yang berguna dalam mengelola toko online Anda.

Demikian tutorial cara install WooCommerce di WordPress, Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tetang tutorial ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *