Pemula

Apa itu WooCommerce? Fitur, Cara Install, Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda bertanya “Apa itu WooCommerce?”, dapat dipastikan Anda telah memiliki atau setidaknya menggunakan WordPress dan siap untuk menjual produk.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu WooCommerce? fitur-fitur yang akan Anda miliki, serta kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakan plugin ini.

Apa itu WooCommerce?

Install plugin woocommerce
Website resmi WooCommerce

WooCommerce adalah plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan toko online pada website berbasis CMS WordPress. Dengan WooCommerce, Anda dapat mengelola produk, menangani pembayaran dan pengiriman dengan mudah.

Plugin ini diluncurkan pada tahun 2011 dan telah diakuisisi oleh perusahaan Automattic (pemilik WordPress.com) pada tahun 2015. Dengan pengalaman yang cukup lama dan dukungan dari perusahaan pemilik WordPress.com, menjadikan WooCommerce plugin toko online WordPress yang cukup stabil.

Saat ini, plugin ini telah digunakan oleh 5 juta lebih instalasi aktif, plugin ini pasti menjadi kekuatan penggerak di belakang banyak situs web e-commerce.

Apakah WooCommerce Gratis?

Plugin woocommerce
Install plugin WooCommerce

WooCommerce 100% Gratis dan dapat di download langsung dari halaman admin dan Anda dapat menggunakan semua fitur toko online tanpa batasan. Anda hanya perlu membayar domain dan hosting, untuk menjalan WordPress.

Jika fitur yang Anda butuhkan tidak tersedia di WooCommerce, Anda bisa menambahkan ekstensi dari pengembang lain, baik yang gratis atau berbayar. 

Toko Anda mungkin juga membutuhkan tema premium untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

Kenapa Menggunakan WooCommerce?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan WooCommerce:

  1. Gratis: WooCommerce merupakan plugin toko online gratis yang dapat didownload dan digunakan tanpa harus membayar biaya langganan atau setup.
  2. Dapat berbagai macam jenis produk, Anda menjual segala jenis produk mulai dari produk fisik, jasa, digital dan dropship. 
  3. Integrasi dengan WordPress: WooCommerce dapat dengan mudah diintegrasikan website WordPress, sehingga memudahkan bagi Anda yang sudah memiliki situs WordPress untuk menambahkan toko online.
  4. Fitur lengkap: WooCommerce menyediakan banyak fitur yang bermanfaat bagi toko online, termasuk pengelolaan produk, pengiriman, pembayaran, dan pajak.
  5. Dukungan komunitas: WooCommerce memiliki komunitas pengguna yang luas dan aktif, sehingga mudah untuk menemukan jawaban atau bantuan jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.
  6. Fleksibilitas: WooCommerce memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam mengatur toko online Anda, termasuk dalam hal desain, struktur produk, dan pengaturan pembayaran.
  7. Dukungan Plugin, Tersedia banyak ekstensi yang tersedia untuk menambahkan fitur tambahan seperti fitur produk berlangganan, affiliate, dll. 
  8. Dukungan Tema, Tersedia banyak pilihan tema dengan desain menarik baik yang gratis maupun premium.

Fitur Toko Online WooCommerce

WooCommerce menyediakan beberapa fitur untuk membantu Anda mengelola pesanan di toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang akan Anda dapatkan.

1. Manajemen Produk

Preview manajemen produk
Manajemen produk

Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan, mengedit, dan mengelola produk di toko online Anda. Mengelola produk di WooCommerce sangatlah mudah, pada dasarnya bagian produk ini sama dengan saat Anda mengelola artikel di WordPress, hanya saja Anda perlu menambahkan informasi produk, seperti deskripsi, harga, dan gambar.

2. Manajemen Pesanan

Manjemen pesanan
Manjemen pesanan

Anda dapat melihat, mengedit, dan memperbarui pesanan dari dashboard WooCommerce. Anda juga dapat mencari pesanan tertentu atau menyaring pesanan berdasarkan status (misalnya tertunda, selesai, dll).

WooCommerce mengirimkan notifikasi email otomatis ke pelanggan dan administrator toko pada berbagai tahap proses pemesanan, seperti saat pesanan ditempatkan, saat dikirim, dan saat selesai. Sehingga memudahkan Anda memantau transaksi yang terjadi.

3. Fitur Kode Kupon

Membuat kupon woocommerce
Membuat kupon WooCommerce

Fitur kode kupon yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola kode diskon yang dapat digunakan pelanggan untuk mendapatkan diskon pada pembelian mereka.

Lihat tutorial menambahkan dan mengelola kode kupon di WooCommerce

4. Fitur Laporan Penjualan

Laporan penjualan WooCommerce
Laporan penjualan WooCommerce

WooCommerce menyediakan laporan penjualan dan analitis yang membantu Anda mengerti bagaimana toko online Anda berkinerja. Anda dapat melihat informasi seperti jumlah produk yang terjual, pendapatan total, dan tingkat konversi.

5. Manajemen Akun

Saat menginstall WooCommerce, Anda akan mendapat 2 level akun tambahan berupa Customer dan Shop Manager.

  • Customer: akun yang akan dimiliki pelanggan baru saat mereka membuat akun di website Anda. Saat login dengan level akun ini, pelanggan dapat mengedit informasi akun dan melihat riwayat pesanan sebelumnya atau saat ini.
  • Shop Manager: Akun yang diberikan untuk bagian operasional atau admin toko. Dengan menggunakan akun ini admin dapat mengelola semua pengaturan WooCommerce, membuat/mengedit produk, mengelola pesanan, dan melihat laporan penjualan. 

Di bagian akun, Anda dapat menentukan apakah pelanggan harus mendaftar atau dapat melakukan pembelian sebagai tamu tanpa harus mendaftar terlebih dahulu untuk melakukan pembelian.

6. Metode Pembayaran

Payment woocommerce
Metode pembayaran WooCommerce

WooCommerce mendukung berbagai metode pembayaran seperti metode transfer bank, PayPal, kartu kredit, dan COD (Cash on Delivery). Anda juga dapat menggunakan payment gateways seperti Midtrans, Duitku, Xendit, Midtrans dll.

7. Metode Pengiriman

Metode pengiriman WooCommerce

WooCommerce menyediakan beragam opsi pengiriman seperti pengiriman gratis, ongkos kirim tetap, dan pembagian ongkos kirim berdasarkan provinsi. Anda juga dapat menambahkan opsi pengiriman menggunakan expedisi Indonesia seperti JNE, POS, SiCepat atau Ojek Online (Gojek dan Grap).

Untuk ongkos kirim expedisi dan ojek online Anda membutuhkan plugin atau layanan tambahan tambahan. 

Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce

Seperti produk lainnya, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan WooCommerce. Berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangan WooCommerce yang perlu Anda perhatikan.

Kelebihan WooCommerce

  • Fitur lengkap mulai pengiriman, pembayaran, laporan penjualan dll dan Anda dapat memilikinya secara gratis.
  • Terintegrasi dengan WordPress, yang merupakan platform blogging dan CMS terpopuler di dunia.
  • Tersedia banyak pilihan tema dan plugin baik yang gratis maupun berbayar menyesuaikan toko online Anda.
  • Mudah digunakan dan dipelajari, bahkan bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dengan pembuatan toko online.
  • Dukungan komunitas yang besar, tersedia banyak tutorial yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan kendala.
  • Dukungan layanan pihak ketiga seperti metode pembayaran dan pengiriman.

Kekurangan WooCommerce:

  • Membutuhkan hosting dengan kualitas baik agar toko online dapat berjalan dengan lancar.
  • Anda perlu memahami WordPress dahulu agar toko dapat berjalan dengan baik.
  • Tidak mendukung jasa expedisi pengiriman Indonesia, Anda perlu menambahkan plugin atau layanan berbayar untuk mendapatkan perhitungan ongkos kirim yang maksimal.
  • Dibutuhkan pengetahuan teknis untuk mengelola dan memelihara toko online yang dibuat dengan WooCommerce seperti keamanan atau pengetahuan menggunakan hosting.

Cara Menggunakan WooCommerce

1. Membeli domain dan hosting

Untuk menggunakan WooCommerce, Anda membutuhkan domain dan hosting yang sama seperti website lainnya.

Domain adalah nama atau alamat website Anda yang akan dituliskan di url browser.

Sedangkan…

Hosting adalah tempat penyimpanan file-file website seperti gambar, video, dan konten. 

Anda dapat membeli domain dan hosting di penyedia layanan hosting seperti Niagahoster, IDCloudhost, atau Dewaweb

2. Install WordPress

Karena WooCommerce merupakan plugin toko online untuk WordPress, maka Anda harus terlebih dahulu menginstal WordPress. Jika Anda menggunakan layanan hosting seperti Niagahoster, biasanya tersedia tools instalasi WordPress di member area atau cpanel untuk mempermudah proses instalasi.

3. Install Plugin WooCommerce

Install plugin toko online wordpress
Install plugin WooCommerce

Untuk melakukan instalasi WooCommerce, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Plugins > Add New
  2. Pada kolom pencarian ketikan “woocommerce”
  3. Klik Install Now dan aktifkan.

Setelah plugin WooCommerce berhasil diaktifkan, Anda otomatis akan diarahkan ke halaman setup Wizard. Pada bagian silakan klik kembali ke halaman admin, kemudian navigasi ke menu WooCommerce > Settings untuk melakukan pengaturan toko.

4. Pilih Tema

Instal Tema wordpress
Instal Tema WordPress

WordPress menyediakan ratusan tema yang bisa Anda gunakan secara gratis. Walaupun gratis, banyak tema yang memiliki tampilan dengan desain yang menarik dan layak Anda coba.

Untuk melakukan instalasi tema di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari halaman admin, navigasi ke menu Appearance > Themes
  2. Klik Add New
  3. Pilih tema-tema yang mendukung WooCommerce, klik Detail & Preview untuk melihat dukungan tema ke plugin WooCommerce
  4. Klik Install dan aktifkan.

Selain tema gratis, Anda juga dapat menggunakan tema premium. Tema premium menawarkan lebih banyak opsi pengaturan sehingga Anda dapat mengganti background, font, warna dan layout menyesuaikan kebutuhan toko Anda. Lihat daftar rekomendasi tema WooCommerce yang cocok digunakan di Indonesia.

5. Install Plugin Pendukung

Walaupun fitur WooCommerce cukup lengkap untuk kebutuhan toko online Anda, tapi ada kalanya Anda ingin menambahkan fitur-fitur lain yang tidak tersedia secara default seperti fitur chat, ongkos kirim, email marketing dll.

Berikut daftar artikel tentang plugin pendukung yang bisa Anda baca:

Alternative WooCommerce Untuk WordPress

Selain WooCommerce Ada beberapa alternatif lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk membuat toko online di WordPress.

  1. Easy Digital Download, merupakan plugin toko online yang khusus digunakan untuk menjual produk digital seperti ebook, aplikasi, musik dan produk digital lainnya.
  2. Sejoli, merupakan plugin toko online yang memiliki fitur single checkout, sehingga pelanggan hanya dapat membeli satu produk dalam satu transaksi. Plugin ini sangat cocok untuk digunakan bersama dengan landing page untuk menjual produk.
  3. Salesloo, merupakan plugin toko online buatan lokal yang khusus digunakan untuk berjualan produk digital. Memiliki fitur lengkap seperti affiliate, membership dan proteksi konten. 
  4. Ecwid, merupakan layanan toko online yang menyediakan dukungan dan integrasi dengan WordPress.

Kesimpulan

Jika Anda baru membuat toko online, fitur dasar WooCommerce sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun, jika Anda membutuhkan fitur tambahan, Anda dapat menambahkan plugin untuk meningkatkan performa WooCommerce. 

Jika, Anda tertarik membuat toko online dengan WooCommerce, silakan ikuti tutorial lengkap membuat toko online dengan WooCommerce.

Rekomendasi Tema Premium WordPress

Anda dapat menggunakan tema premium yang mendukung WooCommerce sepenuhnya, seperti Saudagar WP, LarisManis, atau CepatLakoo. Tema-tema ini menyediakan fasilitas import demo yang memudahkan Anda mendapatkan website yang siap pakai dengan cepat.

Tampilan website cepatlakoo

CepatLakoo

Rp. 399.000

Tampilan website larismanis

LarisManis

Rp. 399.000

Template toko online saudagarwp

Saudagar WP

Rp. 340.000

Demikian artikel tentang WooCommerce, Fitur, Cara Install, Kelebihan dan Kekurangannya. Jika Anda memiliki pertanyaan yang terkait tetang artikel ini, silakan tuliskan pesan di kolom komentar.

Cloud Hosting Indonesia
Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Pemula

Pengenalan SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Penerapan di Website…

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, secara sederhana SEO dapat diartikan sebagai cara optimasi...
Pemula

Pengenalan Landing Page: Pengertian dan Fungsinya dalam Digital Marketing

Apa yang dimaksud dengan landing page? Apakah ada perbedaan antara landing page dan website atau...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.